Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Lubricants Rilis Aplikasi Wirausaha Siswa SMK

Selain punya energi buat berdemonstrasi di jalanan, anak STM punya potensi menjadi wirausahawan sukses. Untuk memupuk bakat entrepreneurship, Pertamina Lubricants meluncurkan aplikasi Android Enduro Home Service, sebuah platform belajar dan berwirausaha bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Seorang siswa SMK sedang membuka aplikasi Enduro Home Service PT Pertamina Lubricants. /ANTARA
Seorang siswa SMK sedang membuka aplikasi Enduro Home Service PT Pertamina Lubricants. /ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Selain punya energi buat berdemonstrasi di jalanan, anak STM juga punya potensi untuk menjadi wirausahawan sukses. Untuk memupuk bakat entrepreneurship, Pertamina Lubricants meluncurkan aplikasi Android Enduro Home Service, sebuah platform belajar dan berwirausaha bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Enduro Home Service merupakan program CSR yang mengajak sejumlah SMK untuk memadukan kompetensi teknis yang diperoleh dari pembelajaran produktif di kelas dengan materi kewirausahaan yang keluarannya berupa pelayanan home service untuk masyarakat di lingkungan sekolah atau tempat tinggal siswa yang membutuhkan jasa berbaikan kendaraan roda dua, ganti oli, dan servis ringan lainnya.

“Dengan aplikasi ini, pembelajaran yang biasanya dilakukan di kelas kini dapat secara online. Siswa dapat berinteraksi dan belajar secara virtual dengan guru, instruktur, dan mekanik bengkel mitra Pertamina Lubricants, mendata pemesanan, jumlah konsumen dan transaksi pelayanan home service, sekaligus dapat memesan pelumas Pertamina sesuai dengan kebutuhan,” kata Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants Iwan Ridwan Faizal, dalam pernyataannya yang dikutip Antara, Minggu (18/10/2020).

Iwan Ridwan Faizal mengatakan kehadiran sistem daring ini merupakan upaya menjawab tantangan belajar dan berbisnis di masa pandemi sekaligus memberikan kemudahan bagi SMK untuk terus menjalankan program EHS secara efektif.

Sebagai tahap awal, siswa menerima berbagai pembekalan materi di kelas antara lain materi teknis otomotif, ilmu pelumas dan sistem pelumasan, pengetahuan produk pelumas Pertamina, teknik pengelolaan bengkel, teknik penjualan dan pemasaran, pengetahuan industri otomotif dan materi lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi berwirausaha.

Berbagai materi ini disampaikan oleh guru dan instruktur di sekolah, technical specialist ILMA (Integrated Lubrication Management Academy), para mekanik bengkel mitra Pertamina Lubricants dan sederet instruktur profesional lainnya.

Selain itu, Pertamina Lubricants juga melakukan branding Enduro Express untuk bengkel di SMK dan memberikan tambahan peralatan usaha seperti seragam mekanik, toolkits, dan paket pelumas Pertamina yang dapat digunakan siswa.

Selanjutnya, siswa dipacu untuk mengimplementasikan materi yang didapat secara langsung dengan melakukan pendataan pelanggan potensial di lingkungan sekitar sekolah atau tempat tinggal siswa untuk dijadwalkan dengan pelayanan Home Service.

Miftaulud Paradeva, siswa kelas XII SMK Negeri 2 Cilacap, menyampaikan pengalamannya dalam menjalankan EHS dengan sarana digital ini. “Aplikasi ini sangat membantu saya untuk belajar modul wirausaha dan otomotif kapan saja dan di mana saja. Membuat laporan pelayanan dari siswa kepada guru juga lebih cepat dan mudah."

EHS merupakan salah satu program CSR Pertamina Lubricants yang mengimplementasikan program Link and Match dunia pendidikan dan industri dalam meningkatkan daya saing tenaga kerja dan industri.

Sejak diluncurkan pertama kalinya pada 2019 oleh Production Unit Cilacap di 7 SMK, EHS kini telah dijalankan di 5 Sales Region antara lain Medan, Semarang, Surabaya, Makassar, Balikpapan, dan telah menjangkau 30 SMK serta melibatkan lebih dari 10.500 siswa SMK kelas XII, XI dan X di penjuru negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper