Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Industri Pemegang IOMKI Wajib Lapor Berkala, Begini Caranya

Untuk memastikan pabrikan pemegang izin operasional dan mobilitas kegiatan industri (IOMKI) berdisiplin menerapkan protokol pencegahan Covid-19, mereka diwajibkan membuat laporan secara berkala setiap akhir pekan.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 16 Oktober 2020  |  17:15 WIB
Kunjungan Menteri Perindustrian dalam rangka meninjau penerapan protokol kesehatan di lingkungan pabrik dan pelaksanaan Izin Operasionalitas dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI). Kemenperin
Kunjungan Menteri Perindustrian dalam rangka meninjau penerapan protokol kesehatan di lingkungan pabrik dan pelaksanaan Izin Operasionalitas dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI). Kemenperin

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk memastikan pabrikan pemegang izin operasional dan mobilitas kegiatan industri (IOMKI) berdisiplin menerapkan protokol pencegahan Covid-19, mereka diwajibkan membuat laporan secara berkala setiap akhir pekan.

IOMKI adalah kunci bagi pabrikan untuk bisa menjalankan aktivitas usahanya di masa darurat pandemi Covid-19.

Selain menerbitakan pedoman pengajuan IOMKI, pemerintah juga merilis ketentuan wajib laporan bagi industri dan kawasan industri pemegang IOMKI. Ketentuan ini melengkapi SE Menteri Perperin No 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Operasional Pabrik dalam Masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)

“Surat edaran tersebut kemudian ditegaskan lagi di SE Menperin No. 8 Tahun 2020 tentang Kewajiban Pelaporan Bagi Perusahaan Industri dan Perusahaan Kawasan Industri yang Memiliki Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI),” terang Dody, Jumat.

Kemenperin mencatat, hingga 20 September lalu, sebanyak 18.101 IOMKI telah diterbitkan dari total 33.000 industri skala menengah dan besar yang ada di tanah air. Adapun dari jumlah 18.101 perusahaan tersebut, tenaga kerja yang diserap sebanyak 5,14 juta orang.

Berikut ini tata cara pelaporan pelaksanaan operasional dan mobilitas kegiatan industri pemegang IOMKI :

1. Login ke akun SIINas (siinas.kemenperin.go.id)

2. Klik 'e-Services'

3. Pilih 'Izin Operasional dan Mobilitas'

4. Pilih 'Laporan Mingguan'

5. Unggah dokumen Laporan IOMKI dengan format pdf

6. Klik 'Kirim'

Isi form yang tampil di layar, lanjutkan dengan klik 'Simpan'

Ingat! Apabila perusahaan industri atau perusahaan kawasan industri tidak menyampaikan laporan pelaksanaan operasional dan mobilitas kegiatan industri sebanyak 3 kali masa pelaporan akan dikenai sanksi administratif berupa pencabutan IOMKI.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perizinan kinerja manufaktur
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top