Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Filipina Harap Sinovac Uji Coba Vaksin Covid-19 Sebelum Akhir Tahun Ini

Sinovac Biotech Ltd. kemungkinan akan memulai uji coba vaksin Covid-19 di Filipina sebelum akhir tahun ini. Adapun di Indonesia, sebanyak 1.589 relawan telah disuntik dengan kandidat vaksin Covid-19.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 15 Oktober 2020  |  12:28 WIB
Botol vaksin CoronaVac SARS-CoV-2 Sinovac ditampilkan di acara media di Beijing, China, pada 24 September.  - Bloomberg\r\n
Botol vaksin CoronaVac SARS-CoV-2 Sinovac ditampilkan di acara media di Beijing, China, pada 24 September. - Bloomberg\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Sinovac Biotech Ltd. kemungkinan akan memulai uji coba vaksin Covid-19 di Filipina sebelum akhir tahun ini. Adapun di Indonesia, sebanyak 1.589 relawan telah disuntik dengan kandidat vaksin Covid-19.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Filipina menyatakan Sinovac telah lulus tinjauan panel ahli vaksin untuk melakukan uji klinis Fase 3 dan diharapkan untuk mengajukan permohonannya pada awal pekan ini ke badan tersebut.

"Proses persetujuan mungkin memakan waktu 21 hari," kata Eric Domingo, Direktur Jenderal Badan Pengawas Obat dan Makanan Filipina, dalam sebuah pengarahan virtual yang dikutip Bloomberg, Kamis (15/10/2020).

Tes lain, termasuk "uji coba solidaritas" Organisasi Kesehatan Dunia di mana Filipina adalah peserta, juga dapat dimulai sebelum akhir 2020, kata Domingo.

Presiden Rodrigo Duterte Rabu (14/10/2020) malam mengatakan vaksin dari China dan Rusia akan diprioritaskan, seraya menambahkan bahwa Moskow telah menyatakan niatnya untuk mendirikan pabrik farmasi di Filipina.

Di Indonesia, Bio Farma menyebut sebanyak 1.589 relawan telah disuntik dengan kandidat vaksin Covid-19 dari Sinovac, dalam uji klinis fase 3.

"Saat ini rekrutmen sudah selesai dan hampir 1.589 orang yang sudah disuntik vaksin ini dan diharapkan kita mendapatkan 'interim analysis' (analisis sementara) pada akhir Januari 2021," kata Neni Nurainy dari Divisi Penelitian dan Pengembangan PT Bio Farma, Rabu (14/10/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bio farma Sinovac Vaksin Covid-19

Sumber : Bloomberg

Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top