Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bikin Pusing! Sebentar Lagi Resesi, Uang Kuliah di 19 Kota Malah Naik

Ada 19 kota yang mengalami kenaikan uang kuliah. Dari data BPS kota-kota tersebut a.l. Banda Aceh, Lhokseumawe, Bukittinggi, Bengkulu, Batam, DKI Jakarta, Bogor, Jember, Semarang, Surabaya, Mataram dan Sorong.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 01 Oktober 2020  |  14:47 WIB
Kain merah putih raksasa terbentang di Gedung Rektorat Kampus UI Depok. - Antara
Kain merah putih raksasa terbentang di Gedung Rektorat Kampus UI Depok. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Badan Pusat Statistik mencatat indeks harga konsumen (IHK) pada September 2020 mengalami deflasi sebesar 0,05 persen. Sepanjang tahun kalender, terjadi inflasi 0,89 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto mengatakan bahwa meski secara keseluruhan mengalami deflasi, ada beberapa kelompok yang menyumbang inflasi.

Pendidikan tercatat memberi andil terbesar. Inflasi pada September sebesar 0,62 persen atau terjadi kenaikan indeks dari 106,87 pada bulan sebelumnya menjadi 107,53.

“Kelompok ini pada September 2020 memberikan andil atau sumbangan inflasi sebesar 0,03 persen. Komoditas yang dominan memberikan andil inflasi, yaitu uang kuliah akademi atau perguruan tinggi sebesar 0,03 persen,” katanya saat konferensi pers melalui virtual, Kamis (1/10/2020).

Menurutnya, ada 19 kota yang mengalami kenaikan uang kuliah. Dari data BPS kota-kota tersebut a.l. Banda Aceh, Lhokseumawe, Bukittinggi, Bengkulu, Batam, DKI Jakarta, Bogor, Jember, Semarang, Surabaya, Mataram dan Sorong.

Suhariyanto menjelaskan bahwa kelompok lain yang menyumbang inflasi adalah perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga. Kontribusinya 0,01 persen.

Selanjutnya perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,01 persen. Lalu penyediaan makanan dan minuman atau restoran sebesar 0,01 persen

“Terakhir kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,02 persen,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi bps Resesi uang kuliah tunggal
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top