Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pekan Pertama PSBB Jakarta, Kunjungan Turis ke Jogja Anjlok

Jumlah kunjungan wisatawan di Kota Jogja provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tajam pada pekan pertama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta, yang mulai berlaku 14 September 2020.
Catur Dwi Janati
Catur Dwi Janati - Bisnis.com 21 September 2020  |  05:44 WIB
Loading the player ...
Animasi Taman Sari. Video: Yotube tastejogja disbud diy

Bisnis.com, JOGJA - Jumlah kunjungan wisatawan di Kota Jogja provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tajam pada pekan pertama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta, yang mulai berlaku 14 September 2020.

Indikator penurunan tersebut terlihat dari penurunan jumlah kunjungan wisatawan di salah satu ikon Kota Jogja, Taman Sari. Jumlah pengunjung di objek wisata aset Keraton Jogja itu merosot hingga 40 persen. 

Iwan, pengelola Taman Sari, mengatakan adanya PSBB membuat jumlah pengunjung Taman Sari menurun cukup banyak. "Ada [penurunan pengunjung] dan sangat signifikan," jelas Iwan pada Minggu (20/9), sperti dilaporkan Harianjogja.com, Senin (21/9/2020).

Selama pandemi rata-rata pengunjung tiap harinya mencapai 400-500 orang. Namun selama sepekan diterapkannya PSBB di Jakarta Jumlah pengunjung berkurang drastis sekitar 20-40 persen. "Harapannya masyarakat patuh dengan protokol Covid-19, peecayakan dengan pemerintah agar semua bisa diminimalkan penyebaran Covid-19," ungkapnya.

Sementara itu, objek wisata lain yang juga merosot jumlah pengunjungnya ialah Taman Pintar. Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar, Afia Rosdiana menyampaikan kunjungan di Taman Pintar menurun dibandingkan pekan sebelum PSBB diterapkan. "Ada penurunan kunjungan Taman Pintar minggu kemarin," jelasnya.

"Kalau biasanya kunjungan pada masa pandemi ini, sekitar 100 pengunjung per hari, minggu kemarin di bawah 100 per hari," terang Afia. Dia berharap kondisi pandemi ini dapat segera berakhir dan masyarakat dapat lebih mengikuti arahan untuk disiplin mengikuti protokol pencegahan penyebaran Covid-19.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisatawan keraton yogyakarta Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top