Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pembangunan 11 Pos Lintas Batas Negara Sedot Rp2,77 Triliun

Dari 11 PLBN terpadu, satu yang selesai yakni PLBN Sota di Merauke yang dibangun tahun 2019.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 18 September 2020  |  14:52 WIB
Ilustrasi: Penduduk Papua Nugini melintas di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouw, Jayapura, Papua, Selasa (14/11). - JIBI/Nurul Hidayat
Ilustrasi: Penduduk Papua Nugini melintas di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouw, Jayapura, Papua, Selasa (14/11). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA— Kementerian PUPR membangun sebanyak 11 Pos Lintas Batas Negara Terpadu dengan sarana/prasarana penunjangnya pada periode 2020—2021.

Anggaran pembangunan yang disiapkan mencapai Rp2,77 triliun dan ditargetkan seluruhnya rampung akhir Desember 2021.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh PUPR tidak hanya dilakukan pada kawasan yang telah berkembang, tetapi juga daerah perbatasan, pula-pulau kecil, dan terdepan.

Kementerian PUPR melaksanakan pembangunan di kawasan perbatasan melalui tiga program yaitu, program pembangunan PLBN dengan pembangunan sarana dan prasarana pendukung, pembangunan jalan di perbatasan, dan pembangunan rumah khusus di perbatasan.

Menurutnya pembangunan kawasan perbatasan bukan untuk gagah-gagahan, melainkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat perbatasan dengan menciptakan embrio pusat-pusat pertumbuhan ekonomi dan kesenian.

"Seperti di PLBN Skouw yang menjadi pilot project, terdapat sebanyak 456 kios yang sudah siap dimanfaatkan. Kemudian di PLBN Motamasin dibangun amfiteater sebagai pertunjukan hiburan dan kesenian," ujar Basuki melalui siaran pers, Jumat (18/9/2020).

Lebih lanjut Menteri Basuki mengatakan, pada 2020 hingga 2021, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya membangun 11 PLBN terpadu dengan total anggaran sebesar Rp2,27 Triliun.

"Dari 11 PLBN tersebut, satu yang selesai yakni PLBN Sota di Merauke karena memang dibangun tahun 2019," terangnya.

Sementara itu, 10 PLBN lainnya yang dibangun adalah PLBN Serasan di Kepulauan Riau; PLBN Jagoi Babang dan Sei Kelik di Kalimantan Barat; PLBN Long Nawang, Long Midang, dan Sei Pancang di Kalimantan Utara.

PLBN lain yang dibangun berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, yakni PLBN Labang, PLBN Napan serta PLBN Oepoli. Pembangunan PLBN terakhir yang dibangun tahun ini adalah PLBN Yetetkun di Provinsi Papua.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLBN
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top