Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kopi Gucialit Diminati Pasar Luar Negeri hingga ke Rusia

Di dalam negeri, kopi Gucialit telah dipasarkan di sejumlah provinsi seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung, Bali, DKI Jakarta, dan Kepulauan Riau, selain Jawa Timur tentunya.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 16 September 2020  |  09:08 WIB
Petani memanen kopi di Desa Gucialit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. - ANTARA/Diskominfo Lumajang
Petani memanen kopi di Desa Gucialit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. - ANTARA/Diskominfo Lumajang

 

Bisnis.com, LUMAJANG — Produk kopi di Desa Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dipasarkan secara daring hingga ke luar negeri dan memenuhi permintaan konsumen di beberapa negara.

"Kami memenuhi permintaan produk kopi Gucialit dari pelanggan di luar negeri, seperti Jepang, China, dan Rusia," kata Rifki Zulkarnain, petani kopi di Desa Gucialit, Rabu (16/9/2020).

Selain di luar negeri, ujar dia, produk kopi Gucialit telah dipasarkan di sejumlah daerah, seperti Surabaya, Sidoarjo, Malang, Gresik, Jember, Banyuwangi, Pasuruan, dan Probolinggo, serta beberapa daerah di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung, Bali, DKI Jakarta, dan Kepulauan Riau.

"Alhamdullilah ketika memasuki musim panen kopi sudah mulai masuk adaptasi kebiasaan baru sehingga tidak ada lagi work form home yang menghambat petani kopi ataupun tengkulak kopi bekerja," katanya.

Pada musim panen di tengah adaptasi kebiasaan baru saat pandemi Covid-19 seperti saat ini, tidak menyurutkan semangat petani muda yang ada di Desa Gucialit untuk bekerja di kebun kopi.

"Memang petani kopi sendiri secara langsung tidak begitu terhambat bekerja pada saat pandemi, tetapi yang terkena imbas secara langsung adalah para tengkulak kopi yang harus menerapkan anjuran pemerintah, untuk tidak keluar rumah dan melakukan physical distancing," katanya.

Selain terjun langsung untuk memanen kopi, Rifki juga menyangrai dan menjual produk secara daring untuk bersaing dengan berbagai produk kopi dari berbagai daerah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kopi

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top