Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Angkasa Pura I Ingin Optimalkan Penerbangan di Timur Indonesia

AP I ingin mengoptimalkan bandara yang dikelola perseroan di wilayah timur Indonesia seiring dengan prospek positif di Makassar dan Surabaya.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 10 September 2020  |  16:43 WIB
Suasana ruang keberangkatan Bandara Sultan Hasanudin, Makassar Sulawesi Selatan masih tampak sepi pada hari Kamis (7/5/2020). Meski pemerintah telah membuka penerbangan, namun aktivitas di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin masih belum tampak calon penumpang. - Bisnis/Paulus Tandi Bone
Suasana ruang keberangkatan Bandara Sultan Hasanudin, Makassar Sulawesi Selatan masih tampak sepi pada hari Kamis (7/5/2020). Meski pemerintah telah membuka penerbangan, namun aktivitas di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin masih belum tampak calon penumpang. - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura I masih mengkaji dampak penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta dengan mengoptimalkan bandara yang dikelola perseroan di wilayah timur Indonesia.

VP Corporate Secretary AP I Handy Heryudhitiawan mengatakan saat ini bandara API yang mengalami pertumbuhan cukup baik yakni Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar (UPG) dan Bandara Juanda di Surabaya (SUB). Penerbangan intra Indonesia timur merupakan hal yang cukup prospektif yang terlihat dari kenaikan pergerakan di Rute Surabaya-Balikpapan dan Makassar-Suarabaya.

“Kami pun saat ini tengah menghitung dan mengevaluasi sejauh mana efek PSBB Jakarta, karena pertumbuhan pergerakan terjadi di bandara yang non-pax Bandara Soekarno-Hatta atau Halim Perdanakusuma,” jelasnya, Kamis (10/9/2020).

Sementara itu, imbuhnya, terkait dengan penyesuaian protokol belum diperlukan. Operator bandara tersebut meyakini telah memiliki dan menerapkan protokol secara memadai.

Angkasa Pura I mencatat pertumbuhan trafik penumpang pada Agustus 2020 sebesar 44,1 persen dibandingkan dengan pada Juli 2020.

Pada Agustus lalu trafik penumpang di 15 bandara Angkasa Pura Airports mencapai 1.965.935 orang, jauh lebih tinggi dibanding Juli yang hanya mencapai 1.363.912 orang dan Juni yang hanya mencapai 648.567 orang.

Pertumbuhan juga terjadi pada trafik pesawat, pada Agustus 2020 mencapai 26.362 pergerakan, tumbuh 20 persen dibanding trafik pesawat pada Juli yang hanya sebanyak 21.954 pergerakan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara angkasa pura i
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top