Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Meski Naik Tipis, Indeks Keyakinan Konsumen Agustus Masih Nongkrong di Zona Pesimis

IKK Agustus 2020 masih berada dalam zona pesimis (di bawah 100). BI mengklaim data ini menunjukkan bahwa keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi terpantau sedikit membaik dari bulan sebelumnya.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 08 September 2020  |  10:48 WIB
Konsumen di satu gerai supermarket di Purwokerto, Minggu (28/7).  - BISNIS.COM
Konsumen di satu gerai supermarket di Purwokerto, Minggu (28/7). - BISNIS.COM

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks keyakinan konsumen (IKK) pada Agustus 2020 dalam survei yang dilakukan Bank Indonesia (BI) tercatat meningkat tipis, menjadi 86,9 dari 86,2 pada Juli 2020.

Meski mengalami peningkatan, IKK tersebut masih berada dalam zona pesimis (di bawah 100). Bank Indonesia menyatakan data tersebut menunjukkan bahwa keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi terpantau sedikit membaik dari bulan sebelumnya.

"IKK Agustus 2020 yang sedikit meningkat tersebut ditopang oleh membaiknya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini," tulis BI dalam laporannya, Selasa (8/9/2020).

Jika dirincikan, IKK mengalami kenaikan pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp2-4 juta per bulan.

Sementara dari sisi usia, kenaikan IKK terjadi pada reponden berusia 20-50 tahun. Berdasarkan daerah, IKK meningkat di 8 kota, dengan yang tertinggi di Surabaya dan diikuti oleh Manado.

Ekspektasi konsumen yang membaik ini juga tercermin dari indeks kondisi ekonomi (IKE) yang meski masih cukup rendah dan berada pada zona pesimis.

Pada Agustus 2020, IKE tercatat meningkat menjadi sebesar 55,6 dari sebelumnya yang tercatat sebesar 50,7. Meski demikian, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang terpantau masih cukup kuat meski tidak setinggi Juli 2020.

Hal ini tercermin dari indeks ekspektasi konsumen (IEK) yang tercatat sebesar 118,2 pada Agustus 2020, lebih rendah dari bulan sebelumnya yang sebesar 121,7.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia konsumsi rumah tangga indeks keyakinan konsumen
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top