Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sriwijaya Air Masih Beroperasi, Fokus Naikkan Jumlah Penumpang

Sriwijaya Air mengaku masih beroperasi di sejumlah rute penerbangan dan hanya fokus untuk meningkatkan jumlah penumpang hingga kapasitas maksimal.
Pesawat Sriwijaya Air menunggu persiapan penerbangan di apron Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (11/12)./JIBI-Felix Jody Kinarwan
Pesawat Sriwijaya Air menunggu persiapan penerbangan di apron Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (11/12)./JIBI-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA – Sriwijaya Air masih tetap mengoperasikan sejumlah rute penerbangannya hingga saat ini dan menjaga tingkat keterisian penumpang sebesar 60 persen agar bisa mempertahankan bisnis hingga akhir tahun ini.

Tim Corporate Communication Sriwijaya Air menjelaskan sejauh ini belum ada rute baru yang akan kembali dioperasikan. Maskapai dengan jenis layanan medium tersebut berfokus utama untuk meningkatkan realisasi tingkat keterisian penumpang (seat load factor/SLF) maksimal ketimbang membuka rute baru.

Load factor masih dijaga sekitar 60 persen dan berat masih. Tidak ada kenaikan yang signifikan memang termasuk kemarin setelah periode long weekend,” jelas tim Senin (7/9/2020).

Sriwijaya juga masih mengkhawatirkan malah bertambahnya zona merah Covid-19 di Indonesia yang membuat masyarakat makin susah bepergian. Termasuk makin banyak area yang memberlakukan PSBB. Namun hal itu diharapkan tidak sampai berakibat pada penutupan rute yang telah dioperasionalkan kembali.

Manajemen mengakui sampai saat ini dampaknya masih belum mengarah ke penutupan rute dan tidak ada karyawan yang kena PHK. Karyawan yang masa kontraknya sudah habis belum dapat diperpanjang kembali.

Sriwijaya telah mengoperasikan penerbangan dari/ke Jakarta seperti diantaranya Jakarta – Balikpapan – Jakarta, Jakarta – Batam – Jakarta, Jakarta – Medan – Jakarta, Jakarta – Padang – Jakarta, Jakarta – Pangkalpinang – Jakarta, Jakarta – Pontianak – Jakarta, Jakarta – Surabaya – Jakarta, Jakarta – Tanjung Pandan – Jakarta, Jakarta – Bandar Lampung – Jakarta, Jakarta – Makassar – Jakarta serta Yogyakarta (YIA) – Jakarta.

Selain itu rute penerbangan lainnya di kawasan Indonesia bagian barat untuk dioperasikan kembali seperti; Batam – Natuna – Batam dan Yogyakarta (YIA) – Bandar Lampung – Yogyakarta (YIA).

Selain itu, rute penerbangan dari/ke Balikpapan juga tersedia seperti; Balikpapan – Berau – Balikpapan, Balikpapan – Jakarta – Balikpapan, Balikpapan – Palu – Balikpapan, Balikpapan – Surabaya – Balikpapan, Balikpapan – Tarakan – Balikpapan, Balikpapan – Yogyakarta (YIA) – Balikpapan.

Sriwijaya Air kini pun telah mengoperasikan beberapa penerbangan dari dan ke tanah Papua, seperti Makassar – Sorong – Manokwari PP sebanyak lima penerbangan dalam seminggu. Selanjutnya Makassar – Sorong – Timika PP sebanyak dua penerbangan dalam seminggu.

Per Agustus 2020 juga Sriwijaya Air telah menambahkan penerbangan untuk rute Makassar – Biak – Jayapura dari sebelumnya hanya 2 penerbangan menjadi 3 penerbangan per pekannya. Maskapai tersebut juga menjelaskan untuk rute Jayapura – Manokwari dari yang sebelumnya berhenti beroperasi, kini telah melayani satu penerbangan dalam seminggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper