Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gasifikasi 3 Pembangkit Listrik PLN Rampung dalam Waktu Dekat

Tiga pembangkit yang ditargetkan rampung pada tahun ini masuk dalam tahapan pengerjaan quick win yaitu PLTMG Nias, PLTMG Tanjung Selor, dan PLTMG Sorong.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 28 Agustus 2020  |  13:26 WIB
Ilustrasi: Fasilitas terminal dan pengelolaan gas terapung (Floating Storage and Regasification/FSRU) gas alam cair (LNG) Lampung PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Istimewa - PGN
Ilustrasi: Fasilitas terminal dan pengelolaan gas terapung (Floating Storage and Regasification/FSRU) gas alam cair (LNG) Lampung PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Istimewa - PGN

Bisnis.com, JAKARTA — PT Perusahaan Gas Negara Tbk. menyebutkan bahwa proyek gasifikasi pembangkit listrik tenaga diesel milik PT Perusahaan Listrik Negara bakal rampung dalam waktu dekat.

Tiga pembangkit yang ditargetkan rampung pada tahun ini masuk dalam tahapan pengerjaan quick win yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Nias, PLTMG Tanjung Selor, dan PLTMG Sorong.

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Syahrial Mukhtar menjelaskan bahwa untuk PLTMG Nias dengan volume gas 4,7 BBTUD sedang dilakukan pembahasan dengan PLN untuk pembangunan sarana penyimpanan gas di daerah untuk gas dan regas.

Selain itu, pihaknya tengah menyiapkan infrastruktur untuk kapal yang membawa pasokan gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) dari Arun untuk kebutuhan gasifikasi nantinya.

Sementara itu, untuk PLTMG Tanjung Selor dengan volume gas sebesar 2 BBUTD, tengah disiapkan infrastruktur untuk transportasi yang membawa pasokan gas melalui darat dengan menggunakan ISO tank.

"Ini diharapkan bisa lebih cepat lagi untuk digasifikasi dimulai operasinya dalam 2 bulan ke depan," katanya dalam paparan publik yang digelar pada, Jumat (28/8/2020).

Sementara itu, untuk lokasi PLTMG Sorong, pihaknya tengah bekerja sama dengan perusahaan daerah dan pemerintah daerah setempat.

Nantinya, konversi dilakukan secara kerja sama agar memberi manfaat yang lebih besar terhadap masyarakat setempat. "Untuk lokasi di Sorong, ini kami lagi bahas," jelasnya.

PGN mendapat penugasan untuk program gasifikasi 52 pembangkit listrik milik PLN yang tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM No. 13/2020 tentang Penugasan Pelaksanaan Penyediaan Pasokan dan Pembangunan Infrastruktur LNG, serta Konversi Penggunaan BBM dengan LNG Dalam Penyediaan Tenaga Listrik.

Dalam penugasan itu, PGN akan mengonversi pembangkit listrik milik PLN yang sebelumnya berbahan bakar diesel menjadi menggunakan bahan bakar gas dengan pasokan sebesar 150 MMscfd—300 MMscfd.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gas pltmg
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top