Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wah! Perusahaan Ini Ekspor 20 Ton Bawang Merah Goreng ke Malaysia

Ekspor bawang merah goreng bakal dilakukan secara bertahap sehingga mencapai 100 ton.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 25 Agustus 2020  |  18:25 WIB
Ilustrasi: Petani menjemur bawang merah di desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (26/9/2019). - Bisnis/Arief Hermawan P.
Ilustrasi: Petani menjemur bawang merah di desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (26/9/2019). - Bisnis/Arief Hermawan P.

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Perdagangan Agus Suparmanto resmi melepas ekspor perdana 20 ton bawang merah goreng milik PT Inti Sumber Citra Rasa dengan tujuan Malaysia.

Agus mengemukakan bahwa ekspor bakal dilakukan secara bertahap dengan total lima kontainer. Dengan demikian, volume bawang merah olahan yang akan dikirim mencapai 100 ton.

"Hari ini ekspor perdana satu kontainer dan nanti total lima kontainer. Saya harap kegiatan ini bisa menginspirasi dan memotivasi para pelaku usaha lain. Pelaku UMKM pun diharapkan dapat mengembangkan produk ekspor dengan nilai tambah sehingga bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak,” ujar Agus dalam acara pelepasan ekspor yang dia hadiri secara virtual, Selasa (25/8/2020).

Pengapalan produk sendiri dilakukan melalui Pelabuhan Belawan, Sumatra Utara.

Agus mengemukakan bahwa ekspor dapat dilakukan selama kebutuhan di dalam negeri telah dipenuhi dan dilakukan untuk mengimbangi pasokan kala surplus terjadi.

Optimalisasi ekspor pada komoditas yang masih surplus di dalam negeri disebut Agus merupakan salah satu upaya untuk menjaga neraca perdagangan, termasuk meningkatkan kontribusi pelaku usaha berskala kecil dan menengah. Dia memastikan bahwa Kemendag kian mempermudah proses ekspor.

"Kami harap pelaku usaha dapat terus berinovasi untuk memanfaatkan peluang pasar yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri,” lanjutnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor bawang goreng
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top