Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bos Angkasa Pura II Beberkan 3 Keunggulan Transportasi Udara

Dirut Angkasa Pura II menyebutkan tiga alasan mengapa moda transportasi udara lebih unggul dibandingkan dengan moda yang lain.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 23 Agustus 2020  |  21:09 WIB
Sejumlah penumpang melakukan check-in di Terminal IA Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Sejumlah penumpang melakukan check-in di Terminal IA Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menilai moda transportasi udara masih lebih unggul dibandingkan dengan moda lainnya pada saat kondisi pandemi Covid-19 ini.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengaku moda transportasi udara memiliki tiga kelebihan yang tidak dimiliki moda transportasi lain.

"Pertama, fleksibilitas, ditandai dengan besarnya jumlah pergerakan, misalnya jika ada permintaan/demand yang cukup besar maka maskapai pasti akan membuka rute atau meningkatkan frekuensi penerbangan," kata Awaluddin dalam siaran pers, Minggu (23/8/2020).

Kedua, lanjutnya, penerbangan juga memiliki kapasitas yang ditandai dengan kemampuan/daya angkut yang cukup besar dan dapat dimobilisasi secara cepat.

Ketiga, konektivitas, yakni moda transportasi udara adalah moda transportasi yang paling cepat dan efisien untuk membuka akses ke dan dari suatu daerah. Apalagi Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

Pihaknya mengaku telah menyiapkan tiga strategi untuk menunjang pertumbuhan sektor transportasi udara. Tiga strategi yakni meningkatkan utilisasi slot penerbangan, pengaktifan kembali rute-rute yang sempat ditutup karena pandemi, dan peningkatan frekuensi penerbangan di rute yang telah aktif.

Dia menambahkan ketiga strategi tersebut telah dijalankan sejak Juli 2020 atau sekitar 3-4 bulan sejak kasus pertama Covid-19 di Indonesia. Perseroan berupaya menggerakkan permintaan melalui penawaran.

Hasilnya pada Juli – Agustus 2020, lanjutnya, indikator menunjukkan bahwa pemulihan penerbangan di 19 bandara kelolaan AP II sudah terlihat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara angkasa pura ii
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top