Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

E-Commerce Bukan 'Dewa Penyelamat' Industri Ritel Modern

Ada beberapa alasan yang menjadi penguat bahwa platform e-commerce tidak bisa menjadi dewa penyelamat bagi industri ritel modern.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 18 Agustus 2020  |  00:30 WIB
Ilustrasi bisnis e-commerce.  - Dok. Istimewa
Ilustrasi bisnis e-commerce. - Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sektor lokapasar atau e-commerce diyakini tidak akan menjadi dewa penyelamat bagi pelaku usaha industri ritel modern Tanah Air pada masa pandemi virus corona (Covid-19).

Menurut Staf Ahli Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Yongky Susilo, terdapat dua faktor yang menyebabkan ketidakmampuan sektor lokapasar menjadi solusi bagi pelaku usaha ritel modern.

Faktor yang pertama, perilaku konsumen di Indonesia yang tidak tiba-tiba berubah. "Mereka berubah ketika tidak punya pilihan lain. Namun, ketika PSBB dibuka semuanya kembali seperti masa pra-Covid-19," ujar Yongky kepada Bisnis.com, Senin (17/8/2020).

Faktor kedua, lanjut Yongky, adalah kecilnya pangsa pasar sektor lokapasar yang sejauh ini hanya 2 persen.

Dia menjelaskan, saat ini tren konsumsi masyarakat masih buruk meskipun tempat usaha ritel modern tetap beroperasi selama Covid-19.

Baik pedagang luring maupun daring, ujarnya, mengalami penurunan total untuk penjualan. Adapun, lambatnya penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) oleh pemerintah dinilai menjadi penyebab utama.

"Jadi, dari Maret hingga Juni [2020] tidak ada genjotan konsumsi dari konsumen. Terlihat tren terus minus bahkan sampai dengan awal Juli [2020]," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ritel e-commerce
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top