Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PLN Klaim Rasio Elektrifikasi Nasional Capai 99,09 Persen

Gubernur Riau Syamsuar mengaku bahwa pembangunan infrastruktur jaringan listrik pada desa-desa di Provinsi Riau membutuhkan anggaran yang besar.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 17 Agustus 2020  |  18:57 WIB
Proyek Listrik Desa - Istimewa
Proyek Listrik Desa - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — PT PLN mengeklaim hingga semester I/2020, rasio elektrifikasi Indonesia telah mencapai 99,09 persen.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau Dispriansyah mengatakan bahwa hingga Agustus 2020 rasio desa berlistrik Provinsi Riau sudah mencapai 99,03 persen dengan 1.842 desa berlistrik PLN dari total 1.859 desa atau kelurahan.

Menurutnya, hampir semua sisa desa yang belum teraliri listrik terkendala pada pengiriman peralatan listrik karena harus melalui sungai, bahkan untuk sampai ke jalan desa, petugas harus bergotong royong dengan masyarakat untuk memikul tiang-tiang listrik.

“Namun, tantangan ini menjadi semangat bagi kami untuk melistriki Tanah Air,“ ujar Dispriansyah melalui siaran pers PLN, Senin (17/8/2020).

Gubernur Riau Syamsuar mengaku bahwa pembangunan infrastruktur jaringan listrik pada desa-desa di Provinsi Riau membutuhkan anggaran yang besar.

“Kami sangat mendukung upaya PLN dalam meningkatkan infrastruktur jaringan listrik untuk wilayah di Provinsi Riau. Dengan semangat yang besar program listrik desa harus dituntaskan, kami optimis Program Riau terang tahun 2020 tercapai,” katanya melalui siaran pers yang sama.

Di Sulawesi Tengah, PLN juga berhasil menghadirkan listrik bagi 473 kepala keluarga di beberapa dusun yang berada di Desa Uemanje Dusun Rano, Pobolobia, Rondingo, dan Kayumpia.

“Meskipun menghadapi medan yang sulit, program listrik desa harus tetap berjalan. Yang menjadi semangat dan motivasi kami adalah senyum bahagia masyarakat yang merasakan manfaat listrik disini," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo Leo Basuki.

Wakil Bupati Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah Paulina Lallo memberi apresiasi kepada PLN yang telah membuat terang Kabupaten Sigi hingga ke pelosok-pelosok.

“Masyarakat dapat menikmati listrik untuk peningkatan kesejahteraan dan perekonomian. Dengan masuknya listrik ini merupakan kebanggaan buat kami dan masyarakat,” imbuh Paulina.

Hingga Juni, rasio elektrifikasi PLN di Sulawesi Tengah telah mencapai 98,21 persen, sedangkan untuk rasio desa berlistrik sudah mencapai 100 persen.

Di NTT, menjelang hari kemerdekaan, PLN juga berhasil menyambungkan listrik empat desa di Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

listrik elektrifikasi
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top