Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Konsisten Kembangkan Kapabilitas, Kualitas Angkasa Pura I Diakui Dunia

Angkasa Pura I Mulai Jajaki Peluang Kerja Sama Global sebagai Wujud #BUMNGoGlobal
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 15 Agustus 2020  |  09:42 WIB
Foto: Dok. Angkasa Pura I
Foto: Dok. Angkasa Pura I

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero), sebagai perusahaan pengelola bandara, senantiasa berupaya memberikan layanan berskala global pada aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan agar dapat memenuhi harapan para pemangku kepentingan.

Hal tersebut diraih melalui pengelolaan sumber daya manusia yang unggul di mana hal tersebut menjadi misi dan nilai perusahaan.

Untuk menciptakan SDM yang unggul, Angkasa Pura I secara konsisten mengembangkan kompetensi SDM-nya melalui kerja sama pelatihan kebandarudaraan dengan salah satu pengelola bandara terbaik di dunia yaitu Incheon International Airport Corporation (IIAC) sejak 2018.

Program pelatihan kebandarudaraan ini meliputi pelatihan mengenai airport operations and management, airport commercial, airport customer satisfaction, airport human resource management, dan hal terkait operasional bandara lainnya.

"Unggul merupakan salah satu nilai perusahaan di mana karyawan didorong untuk menjaga antusiasmenya dalam belajar dan meningkatkan daya saing untuk kemajuan perusahaan. Melalui antusiasme yang tetap terjaga, maka kinerja unggul dan pelayanan prima yang dilakukan pada akhirnya mendatangkan pengakuan dan apresiasi dari para pemangku kepentingan, bahkan lembaga prestisius di bidang kebandarudaraan tingkat dunia sekalipun," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Bandara-bandara Angkasa Pura I secara konsisten meraih penghargaan prestisius dunia pada ajang Airport Service Quality (ASQ) Awards, yang merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang pesawat di bandara yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI), sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia yang berbasis di Montreal, Kanada.

Misalnya, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan yang meraih penghargaan ASQ Awards 2018 pada 4 kategori, yaitu;

1. “Best Airport by Size and Region (5-15 million passengers per year in Asia-Pacific)”. Bandara terbaik di Asia-Pasifik dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.

2. “Best Environment and Ambience by Size (5-15 million passengers per year)”. Bandara terbaik di bidang lingkungan dan suasana dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.

3. “Best Customer Service by Size (5-15 million passenger per year)”. Bandara terbaik di bidang pelayanan pelanggan dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.

4. “Best Infrastructure and and Facilitation by Size (5-15 million passenger per year)”. Bandara terbaik di bidang infrastruktur dan fasilitasi dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.

Selain Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali langganan dianugerahi penghargaan sejak 2015 pada ajang yang sama. Pada ASQ Awards 2017 yang diumumkan Maret 2018 lalu, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali meraih penghargaan pada 3 kategori yaitu “The Best Airport by Size and Region: Asia Pacific, 15-25 million passenger per year”, “1st place Best Airport by Size: 15-25 million passenger per year”, dan “2nd place Best Airport in Asia-Pacific (over 2 million passengers per year)”. Begitu Bandara Juanda Surabaya yang meraih penghargaan “The 3rd place Best Airport by Size: 15-25 million passenger per year” pada ajang yang sama tahun 2017.

Dipercaya ACI Jadi Tuan Rumah Acara Prestisius Kebandarudaraan Dunia

Banyaknya pengakuan dunia terhadap kinerja pelayanan bandara Angkasa Pura I, membuat bandara Angkasa Pura I dijadikan model percontohan oleh bandara-bandara dunia lainnya terkait pelayanan bandara. Salah satunya melalui kepercayaan ACI yang menunjuk Angkasa Pura I sebagai operator bandara pertama di Asia Pasifik yang menjadi tuan rumah acara prestisius ACI Customer Experience Global Summit pada September 2019 lalu.

Penyelenggaraan ACI Customer Experience Global Summit (CEGS) tahun 2019 lalu merupakan yang kedua setelah 2018 diselenggarakan di Halifax, Nova Scotia, Kanada.

Kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 400 delegasi dari seluruh dunia untuk mengeksplorasi praktek bisnis terbaik (best practice) di industri ini dalam memberikan pengalaman perjalanan pelanggan yang lebih baik di bandara, di mana Bandara I Gusti Ngurah Rai dijadikan contoh bandara yang dinilai berhasil memberikan layanan pelanggan kelas dunia.

Pada penyelenggaraan ACI CEGS 2019 tersebut, Director General ACI World Angela Gittens mengatakan, "Angkasa Pura I telah mempersiapkan acara ini dengan luar biasa baik, sesuai dengan standar pelayanan pengguna jasa bandara Angkasa Pura I. Kami beruntung dapat berkumpul di Indonesia dan di regional Asia Pasifik, rumah bagi beberapa kota terdinamis, tercepat pertumbuhan ekonomi dan bandaranya. Regional ini juga merupakan rumah bagi keanggotaan Airport Service Quality (ASQ) terbesar kedua, yang menunjukkan komitmen bandara-bandara di regional ini terhadap keunggulan pelayanan pelanggan".

"Kepercayaan yang diberikan ACI kepada Angkasa Pura I sebagai operator bandar udara pertama di Asia Pasifik untuk menjadi tuan rumah acara prestisius ini, semakin memperkuat kredibilitas kami di kancah internasional,” ujar Faik Fahmi saat itu.

Gandeng Mitra Global untuk Kelola Bandara Dunia

Dengan bekal kinerja operasional dan pelayanan yang diakui dunia, Angkasa Pura I lantas menggandeng mitra global Incheon International Airport Corporation (IIAC) Korea Selatan untuk menjajaki peluang kerja sama pengelolaan bandara di luar negeri dan dalam negeri.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) yang dilakukan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dan Presiden CEO IIAC Koo Bon Hwan, di Incheon, Korea Selatan, pada Agustus 2019 lalu. Melalui kerja sama ini, Angkasa Pura I memiliki peluang untuk dapat mengelola bandara di luar negeri yaitu Bandara King Abdul Aziz Jeddah Arab Saudi dan Bandara Kuwait.

Antusiasme SDM yang terjaga dalam belajar dan meningkatkan daya saing untuk kemajuan perusahaan merupakan salah satu kunci penting meningkatkan kapabilitas perusahaan untuk semakin diakui dunia dan pada akhirnya memiliki peluang yang lebih besar untuk dapat mendunia dengan mengelola bandara-bandara di luar negeri. "Hal ini tentunya akan semakin memperkuat portofolio Angkasa Pura I sebagai perusahaan pengelola bandara kelas dunia," ujar Faik Fahmi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara angkasa pura i
Editor : Media Digital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top