Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hari Pelangi Nusantara : Industri Dirgantara Nantikan Kiprah Generasi Muda

Perhelatan HUT Kemerdekaan RI disemarakan dengan penyelenggaraan Hari Pelangi Nusantara yang puncaknya pada 12 Agustus di Ende dan 13 Agustus di Nangaroro, Nagekeo. Selain mendorong pariwisata, even tersebut diharapkan membangkitkan minat generasi muda untuk terlibat aktif dalam industri kedirgantaraan nasional.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 11 Agustus 2020  |  22:50 WIB
Ilustrasi - Pesawat CN-235 buatan PT Dirgantara Indonesia atau dulu dikenal dengan nama IPTN - Dok. indonesian/aerospace.
Ilustrasi - Pesawat CN-235 buatan PT Dirgantara Indonesia atau dulu dikenal dengan nama IPTN - Dok. indonesian/aerospace.

Bisnis.com, JAKARTA - Perhelatan HUT Kemerdekaan RI disemarakan dengan penyelenggaraan Hari Pelangi Nusantara yang puncaknya pada 12 Agustus di Ende dan 13 Agustus di Nangaroro, Nagekeo. Selain mendorong pariwisata, even tersebut diharapkan membangkitkan minat generasi muda untuk terlibat aktif dalam industri kedirgantaraan nasional.

Justin Djogo, PT Regio Aviasi Industri (RAI), mengatakan penyelenggaraan Hari Pelangi Nusantara dipandang bersejarah dan sangat strategis bagi promosi wisatadan membangkitkan minat generasi muda untuk terlibat aktif dalam industri kedirgantaraan nasional.

"Saya mengapresiasi inisiatif Mabes TNI Angkatan Udara RI yang mensponsori perhelatan akbar ini walaupun dunia sedang dilanda pandemi Covid-19. Terimakasih untuk Pemda Ende dan Pemda Nagekeo yang mendukung even nasional ini", kata Justin Djogo, dalam keterangan pers, Selasa (11/8/2020).

Dia mengatakan bahwa industri penerbangan adalah salah satu industri yang paling merasakan dampak negatif dari pandemi Covid-19. Sebagai industri dengan multiplier effect yang sangat besar, industri penerbangan melibatkan banyak sekali industri dari hulu ke hilir.

Karena itu, selain bisnis transportasi udara dengan maskapai penerbangan sebagai pelaku utamanya, ada banyak subsektor industri yang juga terkena dampak pandemi ini.

Beberapa subsektor industri yang perlu diperhatikan adalah industri perawatan pesawat serta pelatihan pilot dan teknisi. Untuk melihat dampak Covid-19 terhadap industri tersebut dan bagaimana strategi mereka untuk bertahan dan bangkit kembali.

"Kami, dari PT Regio Aviasi Industri, RAI, berharap agar setelah moment bersejarah ini akan muncul para pilot andal, para tentara AU dari NTT. Sebagai wakil dari PT RAI, perusahaan pembuat pesawat R80, saya sebagai putra daerah NTT siap bersinergi dengan pemda NTT agar dikemudian hari kita dapat memiliki pesawat sendiri yang memudahkan akses transportasi antar pulau di NTT."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dirgantara indonesia pesawat terbang Hari Pelangi Nusantara
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top