Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Beban Puncak Listrik Industri Jatim Turun 3,26 Persen saat Pandemi Corona

PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur mengungkapkan tren beban puncak listrik di Jatim sejak pandemi Covid-19 mengalami penurunan terutama pada golongan pelanggan industri.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 07 Agustus 2020  |  15:21 WIB
Pembangkit listrik - Antara
Pembangkit listrik - Antara

Bisnis.com, SURABAYA – PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur mengungkapkan tren beban puncak listrik di Jatim sejak pandemi Covid-19 mengalami penurunan terutama pada golongan pelanggan industri.

General Manager PLN UID Jatim, Nyoman S. Astawa mengatakan secara umum penurunan beban puncak lebih tepatnya terjadi pada saat diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yakni tercatat pada April 2020 anjlok 0,6 persen, lalu pada Mei turun 6,9 persen, dan Juni turun 1,7 persen.

“Secara kumulatif, untuk pengunaan kWh golongan industri turun 3,26 persen, lalu golongan pelanggan bisnis turun 3,83 persen,” katanya, Jumat (7/8/2020).

Meski begitu, lanjutnya, saat memasuki era normal baru tren beban puncak listrik di Jatim berangsur mulai meningkat sejalan dengan mulai bergeraknya aktivitas perekonomian di masyarakat umum maupun kalangan industri.

Nyoman menambahkan PLN Jatim sendiri menyatakan kesiapannya untuk mendorong perekonomian Jatim salah satunya melalui pengembangan infrastruktur jaringan listrik di kawasan industri baru maupun kawasan eksisting yang saat ini sedang dikembangkan pemerintah.

"Saat ini kami masih menunggu informasi dari pemerintah daerah mengenai rencana pengembangan kawasan industri. Hal ini tentu berkaitan dengan kesiapan kami menyediakan infrastruktur kelistrikan yang memadai, dan sejauh mana kesiapan pemerintah menghadapi new normal juga perlu diselaraskan dengan program kami,” imbuhnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim, Drajat Irawan mengatakan pengembangan industri diyakini mampu menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi di Jatim terutama dalam hal pemulihan ekonomi akibat pandemi.

“Pemprov Jatim saat ini terus memantau dan mengawasi kondisi industri pada saat new normal agar terjadi peningkatan produktivitas dan operasional tetapi tetap menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN jatim tarif listrik industri
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top