Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini 4 Sektor yang Berkembang Saat Pandemi

Sektor-sektor ini harus mendapatkan perhatian karena berpeluang mendongkrak pertumbuhan ekonomi, bahkan berpotensi mengkompensasi sektor utama lainnya dalam perekonomian.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 28 Juli 2020  |  16:56 WIB
Ekonom Indef, Aviliani.  - Bisnis.com
Ekonom Indef, Aviliani. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah sektor diprediksi menjadi juara ketika pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Ekonom Aviliani menyampaikan sektor industri yang akan terus bertahan dan berkembang di tengah pandemi Covid-19 ialah pangan, farmasi, rumah sakit, serta Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

"Yang akan terus bertahan tetap sektor pangan yang sehat. Lalu obat-obatan jadi perusahaan farmasi masih akan jadi tren, termasuk rumah sakit," katanya dalam Mid-Year Economic Outlook 2020, Selasa (28/7/2020).

Pemetaan semacam ini diakuinya juga harus menjadi perhatian pemerintah yang tengah fokus menanggulangi pandemi Covid-19. Sektor-sektor utama ini harus mendapatkan perhatian karena berpeluang mendongkrak pertumbuhan ekonomi, bahkan berpotensi mengkompensasi sektor utama lainnya dalam perekonomian.

Di sisi lain, pelaku bisnis juga tidak bisa melakukan aktivitas bisnis seperti biasa karena ada perubahan perilaku masyarakat, khususnya saat pandemi saat ini. Dalam hal ini, TIK atau digitalisasi bisa menjadi jawaban.

“Namun kadang perusahaan jasa tidak liat kebutuhan yang berubah. Mestinya rumah sakit berusaha untuk mendatangi pasien. Ada sektor yang bisa hidup, tapi turun karena tidak paham perilaku masyarakat, lalu ICT [TIK] akan makin naik,” tekannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi covid-19
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top