Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sulawesi Tengah Targetkan Tanam Kedelai di Lahan 8.000 Hektare

Ketersediaan benih kedelai tidak hanya menjadi tantangan bagi pemerintah daerah, tetapi juga nasional.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 Juli 2020  |  10:56 WIB
Tanaman kedelai siap panen. - Bisnis.com
Tanaman kedelai siap panen. - Bisnis.com

Bisnis.com, SIGI BIROMARU— Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menargetkan luas tanam kedelai dalam program gerakan tanam kedelai tahun 2020 mencapai 8.000 hektare.

"Target luas tanam dalam gerakan tanam kedelai tahun 2020 seluas 8.000 hektare," ucap Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulteng Tri Iriyani Lamakampali, Kamis (23/7/2020).

Dia mengakui bahwa penanaman kedelai hasilnya belum mencapai target atau belum sesuai dengan harapan karena beberapa faktor, salah satunya kesulitan benih.

Ketersediaan benih kedelai tidak hanya menjadi tantangan bagi pemerintah daerah, tetapi juga nasional.

Tri mengakui bahwa benih kedelai yang digunakan oleh pemerintah dan petani di tingkat desa merupakan benih yang diambil dari  luar Provinsi Sulteng.

"Padahal untuk menyediakan benih, ini yang harus bisa kita lakukan, tanpa harus mengambil benih kedelai dari luar," ujarnya.

Untuk itu itu, lanjutnya, perlu diberdayakan kelompok-kelompok tani di tingkat desa. Kelompok-kelompok tani tersebut, kata dia, yang akan bergerak melakukan budi daya kedelai.

"Ini yang kami dorong terus meskipun memang penyediaan benih kedelai membutuhkan ketersediaan SDM yang punya ketahanan kuat, punya kemampuan untuk belajar karena kedelai ini termasuk tanaman yang sedikit manja, dibandingkan dengan tanaman lain," kata Tri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kedelai sulteng

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top