Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Apindo: Peluang Ekspansi Ritel Modern Kecil

Penurunan daya beli masyarakat masih menjadi menjadi kendala bagi perlaku ritel modern untuk melebarkan sayap bisnis.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 21 Juli 2020  |  12:31 WIB
Konsumen memilih makanan dan bahan makanan di salah satu supermarket di Jakarta, Kamis (7/5 - 2020). BISNIS.COM
Konsumen memilih makanan dan bahan makanan di salah satu supermarket di Jakarta, Kamis (7/5 - 2020). BISNIS.COM
Bisnis.com, JAKARTA -- Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menilai peluang pelaku usaha ritel modern untuk melakukan ekspansi bisnis pada semester II/2020 akan sulit.
Menurut Hariyadi, penurunan daya beli masyarakat masih menjadi penyebab utama yang menjadi kendala bagi perlaku ritel modern untuk melebarkan sayap bisnis.
"Menurut saya posisi pelaku ritel modern masih stagnan karena daya beli menurun sekali. Sehingga dengan kapasitas yang ada saat ini, belum tentu penjualan bisa kembali seperti sebelum pandemi," kata Hariyadi kepada Bisnis, Senin (20/7/2020).
Lebih lanjut, Hariyadi menjelaskan nilai konsumsi rumah tangga sebagai pangsa utama pebisnis ritel modern yang menyusut juga menjadi kendala lain dalam melakukan ekspansi.
Adapun, jelasnya, situasi saat ini cukup menyulitkan mengingat anjloknya daya beli masyarakat ekonomi menengah ke bawah tidak diimbangi dengan belanja masyarakat segmen menengah ke atas yang lebih memilih untuk menyimpan uang.
Namun demikian, jika penanganan Covid-19 di Tanah Air berjalan maksimal, tidak tertutup kemungkinan pelaku usaha ritel modern dapat melakukan ekspansi paling cepat pada kuarta II/2021. Dengan catatan, masyarakat sudah percaya diri untuk beraktivitas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ritel modern covid-19
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top