Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Tebar Apresiasi buat Stakeholder Tol Laut

Kemenhub memberikan penghargaan bagi para stakeholder program Tol Laut usai melakukan kinerja maksimal selama pandemi Covid-19.
Pemudik bersiap memasuki KM Sabuk Nusantara 92 di Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (26/5/2019)./ANTARA-Budi Candra Setya
Pemudik bersiap memasuki KM Sabuk Nusantara 92 di Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (26/5/2019)./ANTARA-Budi Candra Setya

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Ditjen Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) mengapresiasi peran pemerintah daerah (Pemda), operator kapal dan operator pelabuhan dalam menjalankan program Tol Laut pada masa pandemi Covid-19.

Direktur Lalu Lintas dan Angkuran Laut Ditjen Hubla Capt. Wisnu Handoko mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kinerja, pelayanan dan partisiapasi para pihak baik operator pelabuhan, kapal serta pemda dalam pengembangan tol laut

"Peranan pemda sangat penting terutama dalam mengoptimalisasi ruang muat kapal Tol Laut untuk mengangkut muatan barang pokok, barang penting dan lainnya yang dibutuhkan di daerahnya serta mengupayakan adanya muatan balik yang merupakan potensi unggulan daerah," kata Wisnu dalam siaran pers, Minggu (19/7/2020).

Dia menambahkan Selama ini muatan unggulan di daerah mungkin sudah ada, tetapi belum ada sarana pengangkutnya atau kauntitasnya belum banyak, sehingga diharapkan pemda bisa mengupayakan peningkatan muatan dari waktu ke waktu.

Selain peran pemda dalam implementasi program Tol Laut, lanjutnya, peran para pengelolan dan operator kapal juga sangat penting. Pemberian penghargaan kepada pengelola kegiatan dan operator kapal perintis dalam bidang perawatan kapal, akan memacu para operator untuk melakukan perawatan kapal dengan baik. 

Pihanknya meminta operator kapal perintis juga wajib malaksanakan plan maintenance system agar pemeliharaan kapal negara dapat berjalan baik dan terencana. Sekurang-kurangnya 3 bulan sekali operator harus melaporkan kondisi kapal negara yang dioperasikannya agar secara transparan.

Sementara itu, Kasubdit Angkutan Laut Khusus, Capt. Bharto Ari Rahardjo memerinci pemenang yang diberikan kepada operator Tol Laut dengan kategori sebagai berikut pertama operator dengan kategori total muatan terbanyak dengan total muatan 1.407 teus diraih oleh PT Pelni (Persero).

Kedua operator dengan kategori load factor tertinggi sebesar 88,67 persen diraih oleh PT Djakarta Lloyd (Persero). Ketiga operator dengan kategori capaian voyage terbanyak (capaian realisasi dibandingkan dengan target voyage) diraih oleh PT Temas Tbk.

"Penghargaan untuk pemda diberikan kepada Kabupaten Pulau Morotai, total muatan berangkat sebanyak 381 teus melalui Pelabuhan Morotai. Lalu Kabupaten Sangihe, total muatan berangkat sebanyak 341 teus melalui Pelabuhan Tahuna. Berikutnya Kabupeten Nunukan, total muatan berangkat sebanyak 309 teus melalui Pelabuhan Nunukan Sebatik," katanya.

Penghargaan kepada pemerintah daerah dengan pengirim muatan balik terbanyak, program tol laut adalah Kabupaten Pulau Morotai, total muatan balik sebanyak 408 teus, Kabupaten Sangihe, total muatan balik sebanyak 170 teus, dan Kabupeten Halmahera Tengah, total muatan balik sebanyak 117 teus.

"Penghargaan untuk operator BUMN dengan load factor terbaik kegiatan angkutan khusus ternak diraih oleh PT Pelni, yang mengoperasikan KM. Cemara Nusantara 1 mengangkut sebanyak 3.518 sapi dengan 7 voyage," ujarnya.

Penghargaan untuk operator swasta dengan load factor terbaik kegiatan angkutan khusus ternak diraih oleh PT Pelayaran Wirayuda Maritim, yang mengoperasiakn KM. Camara Nusantara 2 mengangkut sebanyak 4.041 sapi dengan 7 voyage.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper