Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SMF Sediakan Dana KPR Jangka Panjang Melalui 2 Skema, Apa Saja?

Dalam program tapera, SMF hanya bisa menyentuh sisi permintaan yakni pembiayaan perumahan untuk para debitur.
Penyelesaian sebuah perumahan mewah. / Bisnis Paulus Tandi Bone
Penyelesaian sebuah perumahan mewah. / Bisnis Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA — PT Sarana Multigriya Finansial menyediakan dana kredit pemilikan rumah jangka panjang lewat dua skema yakni sekuritisasi dan refinancing untuk mendukung program tabungan perumahan rakyat.

Direktur Utama PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) Ananta Wiyogo mengatakan bahwa perseroan siap mendukung program tabungan perumahan rakyat (tapera) yang akan diberikan oleh Badan Pengelola (BP) Tapera mulai 2021.

"Kami hadir untuk meminimalisir mismatch yang dilakukan pihak penyalur KPR [kredit pemilikan rumah] seperti perbankan. Sumber kami berasal pertama capital injection dari pemerintah, penambahan modal negara. Kemudian kami juga aktif mengeluarkan surat utang di pasar modal Indonesia," ujarnya dalam diskusi daring tentang tapera, Kamis (16/7/2020).

Dia menuturkan bahwa SMF dalam program tapera ini hanya bisa menyentuh sisi permintaan yakni pembiayaan perumahan untuk para debitur.

"Kami sekunder, kami tidak bisa langsung ke primer. Jadi, dana yang dihasilkan mostly disalurkan ke perbankan yang fokus di KPR yang ada di demand side. Kalau tapera kan bisa ke supply side," kata Ananta.

SMF juga melayani pasar menengah bawah untuk bisa mendapatkan dana pembiayaan perumahan. Oleh karena itu, SMF menjadi special mission vehicle Kementerian Keuangan juga fiscal tools-nya pemerintah.

Adapun, sepanjang tahun ini ditargetkan penyaluran fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) 2020 mencapai Rp3,7 triliun untuk 102.000 rumah. Hingga 3 Juli, realisasinya mencapai 75.000 rumah.

"Karena SMF aktif juga sediakan dana untuk KPR FLPP, di mana dananya 75 persen dana disediakan pemerintah melalui PPDPP [Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan]. Porsi bank disediakan oleh SMF seumur KPR FLPP tersebut. Dalam program FLPP, ketika FLPP masuk ke tapera, fungsi SMF tetap eksis, sediakan 25 persen dana dari FLPP itu," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper