Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Periode Januari-Juli 2020, Baru 3 Ruas Ini yang Beroperasi

Pada jalan tol yang telah beroperasi, tetap diberlakukan penerapan protokol kesehatan.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 14 Juli 2020  |  21:39 WIB
Kendaraan melintas proyek jalan tol Malang-Pandaan Seksi V di Malang, Jawa Timur, Selasa (4/2/2020). - ANTARA / Ari Bowo Sucipto
Kendaraan melintas proyek jalan tol Malang-Pandaan Seksi V di Malang, Jawa Timur, Selasa (4/2/2020). - ANTARA / Ari Bowo Sucipto

Bisnis.com, JAKARTA — Selama 7 bulan pertama tahun ini, pemerintah telah meresmikan dan membuka proyek tol baru sepanjang 38,80 kilometer yang tersebar di sejumlah daerah.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Danang Parikesit menyebutkan bahwa di antara jalan tol yang dibuka, misalnya, berada di jalan tol Trans-Sumatra.

"Pertama di ruas jalan tol Kayu Agung—Palembang—Betung Seksi 1 yang menghubungkan Kayu Agung—Jaka Baring, tol ini memiliki panjang 29,39 kilometer dan sudah dibuka pada April 2020 lalu," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (14//7/2020).

Danang melanjutkan bahwa proyek tol kedua yang sudah dibuka dan juga telah beroperasi pada April 2020 lalu yaitu jalan tol Pandaan—Malang Seksi 5 yang menghubungkan Pakis—Malang. Ruas tol ini memiliki panjang 3,11 kilometer.

Kemudian, yang ketiga yaitu proyek tol di kawasan Jabodetabek, tepatnya di ruas tol Depok—Antasari Seksi 2 yang menghubungkan Brigif—Sawangan. Ruas tol ini memiliki panjang 6,3 kilometer dan resmi mulai beroperasi pada awal Juli 2020.

Menurut Danang, pada jalan tol yang telah beroperasi, tetap diberlakukan penerapan protokol kesehatan terhadap petugas layanan jalan tol seperti jaga jarak fisik antara petugas layanan tol, menggunakan masker, kacamata safety, serta menjaga kebersihan seperti cuci tangan.

Selain itu, petugas tol juga dengan rutin membersihkan gerbang tol yaitu membersihkan reader tapping uang elektronik dengan cara menyemprotkan disinfektan.

"Setiap badan usaha jalan tol juga telah menyiapkan thermal scan, posko kesehatan, fasilitas cuci tangan, dan ambulans siaga. Selain itu telah dilakukan sosialisasi protokol kesehatan melalui VMS [variable message sign] , brosur, poster dan sosial media," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol bpjt
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top