Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hari Ini, DPR Tunjuk Deputi Gubernur BI Baru

Pengambilan calon keputusan diambil setelah DPR menggelar fit and proper test kepada tiga calon Deputi Gubernur BI yakni Juda Agung, Aida S. Budiman, dan Doni Primanto Joewono.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 13 Juli 2020  |  09:09 WIB
Karyawan keluar dari pintu salah satu gedung Bank Indonesia di Jakarta, Senin, (20/1/2020).  Bisnis - Abdullah Azzam
Karyawan keluar dari pintu salah satu gedung Bank Indonesia di Jakarta, Senin, (20/1/2020). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi XI DPR akan mengambil keputusan soal siapa calon yang akan menduduki posisi Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) pada Senin (13/6/2020).

Pengambilan calon keputusan diambil setelah mereka menggelar uji kelayakan atau fit and proper test kepada tiga calon Deputi Gubernur BI yakni Juda Agung, Aida S. Budiman, dan Doni Primanto Joewono.

Seperti diketahui, uji kelayakan digelar selama dua hari. Hari pertama yakni pada Selasa (7/7/2020), uji kelayakan dilakukan kepada Juda Agung dan Aida S. Budiman. Sementara hari berikutnya giliran Doni Primanto Joewono yang mengikuti uji kelayakan di DPR.

Pada umumnya, materi yang disampaikan oleh tiga calon deputi sama, yakni membentuk tatanan baru pasca kecamuk pandemi Covid - 19. Kandidat calon Deputi Gubernur BI juga mendapat tantangan dari anggota parlemen soal amandemen Undang-Undang Bank Indonesia.

Adapun profil ketiga kandidat calon deputi itu sebagai berikut.

Juda Agung lahir di Pontianak, pada tahun 1964. Pendidikan Teknologi Industri Pertanian ditempuhnya pada tahun 1981 di Institut Pertanian Bogor. Juda meraih Gelar Ph.D di University of Birmingham pada tahun 1999 setelah meraih gelar Master in Money Banking and Finance di universitas yang sama tahun 1993-1995.

Memulai kariernya di Bank Indonesia pada tahun 1991 sebagai staf Urusan Ekonomi dan Statistik, dan selanjutnya sebagai Peneliti Ekonomi Yunior di Bagian Studi Ekonomi Makro, Struktur dan Pengembangan Pasar Keuangan, Juda memiliki banyak pengalaman di bidang riset ekonomi dan kebijakan moneter.

Pada tahun 2017, Juda pernah menjabat Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, kemudian sebagai Executive Director SEAVG-IMF di Washington sebelum menjabat sebagai Asisten Gubernur, Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial.

Sementara Aida S. Budiman lahir di Bogor pada tahun 1965. Setelah menempuh pendidikan Sosial Ekonomi Pertanian Agribisnis di Institut Pertanian Bogor pada tahun 1983, Aida melanjutkan pendidikan pada tahun 1994 dan menambah gelar Ph.D pada tahun 2001.

Dia nengawali karier pada tahun 1991 sebagai staf Analis Inflasi dan Proyeksi Perekonomian Indonesia, Aida memiliki banyak pengalaman di bidang perumusan kebijakan moneter, internasional, dan baurannya dengan kebijakan reformasi struktural.

Saat ini Aida menjabat sebagai Asisten Gubernur, Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter, setelah sebelumnya menjabat Kepala Departemen Internasional.

Doni Primanto Joewono lahir pada tahun 1965 di Surabaya. Arek Surabaya ini menempuh pendidikan Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Sebelas Maret (UNS) pada tahun 1988, Doni melanjutkan pasca sarjana di Jurusan Administrasi Universitas Indonesia pada tahun 2004.

Doni memulai karirnya di Bank Indonesia sebagai analis di Departemen Pengelolaan Moneter pada tahun 1991 dan melanjutkan karir di bidang statistik. Pada tahun 2005-2008 Doni diberikan kesempatan untuk menjadi Peneliti Ekonomi Senior di Kantor Perwakilan BI London, dan kembali bertugas di Jakarta di Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter.

Doni pada awal karirnya banyak terlibat dalam membangun sistem pengelolaan moneter, seperti mempersiapkan terbitnya obligasi Pemerintah, membangun sistem pelaporan Lalu Lintas Devisa (LLD), dan mengkoordinasikan penyelenggaraan Rakornas TPID.

Dalam karirnya di daerah bersama Kepala Daerah mendapat penghargaan sebagai TPID terbaik di Solo tahun 2012 dan DKI Jakarta tahun 2017.

Saat ini Doni menjabat sebagai Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Sumber Daya Manusia, setelah sebelumnya dipercaya oleh Gubernur Bank Indonesia tiga kali memimpin Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Solo, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia deputi gubernur bi calon deputi gubernur bi
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top