Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menkop UKM Ungkap Peran Penting Reseller Online

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengungkap peran penting reseller dalam jaringan (daring/online)terhadap pengembangan UMKM.
Ilustrasi e-commerce/CC0
Ilustrasi e-commerce/CC0

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengungkap bahwa reseller dalam jaringan (daring/online) berperan penting bagi ekosistem UMKM digital.

Hal ini diungkapnya dalam Webinar Transformasi Digital UMKM bersama DANA, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kamis (9/7/2020).

Menurut Teten, reseller serupa middle-man atau pemain tengah yang bisa membantu pangsa produk UMKM lebih luas. Terlebih, kini peran para distributor penjual kembali ini didominasi anak muda dan lebih melek dunia digital, terutama teknis e-commerce.

Oleh sebab itu, reseller pun kini menjadi salah satu target pembinaan dan kerja sama Kemenkop UKM dalam meramaikan ekosistem UMKM Go Digital.

"Banyak para reseller yang berjualan di media sosial, sudah sukses, sekarang bertransformasi menjadi produsen. Kemenkop UKM terus mencoba menghubungkan semuanya dengan ekosistem digital, pembiayaan, dan ekosistem go online, supaya UMKM bisa tumbuh menjadi besar," ungkap Teten.

Harapannya, langkah ini mampu mewujudkan proyeksi Indonesia pada 2025 menjadi negara dengan valuasi ekonomi digital terbesar dan market digital terbesar besar pula.

Teten menekankan bahwa era masa transisi lepas dari pandemi Covid-19 ini mampu menjadi momentum UMKM merambah ke dunia digital, atau sebaliknya, mendorong para reseller atau dropshipper yang sudah online untuk berani mengembangkan bisnis dengan menjadi produsen.

"Kita dorong dengan go digital, mereka bisa memperluas akses pasar baik domestik dan global, business process UMKM pun tentunya menjadi lebih efisien, dan UMKM bisa merambah akses permodalan atau pembiayaan dengan lebih mudah," tambahnya.

Terkini, salah satu program ekosistem digital besutan Kemenkop UKM, yakni Bangga Buatan Indonesia telah diramaikan oleh 789.116 UMKM atau 39,4 persen dari target dua juta lebih UMKM pada 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper