Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Paket Pelatihan Kartu Prakerja Dihentikan, Ini Klarifikasi Pemerintah

Hari ini, Kamis (2/7/2020), Manajemen Pelaksanaan Program Kartu Prakerja meluruskan bahwa penghentian dari pelatihan kartu prakerja hanya untuk paket bundling saja.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 02 Juli 2020  |  09:40 WIB
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). - ANTARA
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah akhirnya angkat bicara terkait dengan evaluasi paket pelatihan Program Kartu Prakerja terhitung mulai Selasa (30/6/2020).

Sebelumnya, diberitakan bahwa Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja memutuskan untuk menghentikan paket pelatihan Program Kartu Prakerja terhitung mulai Selasa (30/6/2020).

Menurut surat edaran terkait kebijakan tersebut, keputusan tersebut diambil setelah mengevaluasi pelaksanaan pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga pelatihan Program Kartu Prakerja.

Hari ini, Kamis (2/7/2020), Manajemen Pelaksanaan Program Kartu Prakerja meluruskan bahwa penghentian dari pelatihan kartu prakerja hanya untuk paket bundling saja.

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Panji Winanteya Ruky menjelaskan program pelatihan Kartu Prakerja memiliki ribuan jenis pelatihan yang variatif, dan paket bundling yang dihentikan ini hanya sebagian kecil dari seluruh pelatihan yang ditawarkan, sehingga peserta pelatihan tetap memiliki kebebasan untuk memilih jenis pelatihan sesuai minat dan kebutuhan mereka.

"Penghentian paket [bundling] pelatihan tidak berdampak terhadap program Kartu Prakerja secara keseluruhan. Program Kartu Prakerja tetap berjalan sesuai arahan Komite Cipta Kerja," tegas Panji dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (2/7/2020).

Dia menambahkan penghentian khusus paket bundling hanya efektif dari tanggal 30 Juni dan tidak berlaku surut, sehingga insentif peserta yang dulunya mengambil paket pelatihan bundling akan terus berjalan seperti biasa.

Mitra platform digital serta lembaga pelatihan yang telah menjual paket pelatihan bundling hingga 30 Juni pun tetap akan menerima pembayaran atas pelatihan yang telah diselenggarakannya.

"Kami sampaikan lagi bahwa pemberhentian tipe paket bundling ini merupakan salah satu langkah dalam menerapkan tata kelola program yang baik," tegas Panji.

Hal ini dimaksud agar para peserta benar-benar mendapatkan manfaat dari program ini tanpa membatasi kebebasan para peserta untuk memilih ribuan jenis pelatihan lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kartu prakerja pelatihan
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top