Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

DPR Usulkan Pembangunan Infrastruktur Terintegrasi

Hemat saya seluruh potensi harus disatukan. Disinergikan secara integrated sesuai dengan semangat logo baru BUMN
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 01 Juli 2020  |  21:19 WIB
Pekerja menyelesaikan pembangunan jalan tol Serpong-Cinere di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (27/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pekerja menyelesaikan pembangunan jalan tol Serpong-Cinere di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (27/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI, Muhammad Rapsel Ali, mengusulkan pembangunan infrastruktur yang terintegrasi.

Usulan itu disampaikan dalam  Rapat Dengar Pendapat dengan BUMN Karya.

“Hemat saya seluruh potensi harus disatukan. Disinergikan secara integrated sesuai dengan semangat logo baru BUMN,” ujar politisi Partai Nasional Demokrat ini dalam siaran persnya.

Menurut Rapsel, sudah saatnya BUMN memiliki rancangan pembangunan yang melibatkan semua jenis usaha milik pemerintah.

Keuntungannya sangat banyak. Juga lebih efisien karena memotong berbagai pos pengeluaran. Terutama masalah pembebasan lahan yang selama ini menjadi kendala sebuah proyek besar.

Dia contoh, sebuah proyek raksasa terintegrasi yang menyatukan jalur laut, darat, dan udara. Stasiun saling terintegrasi dan memudahkan mobilisasi penumpang. Demikian pula untuk industri logistik dan properti lainnya. Semua dibangun dalam satu kawasan yang saling terkait.

Sebagai pendukung, jalur listrik dan fiber optik dibangun berdampingan. Demikian juga pipa untuk menyalurkan bahan bakar minyak dan gas serta air bersih. Proyek pipanisasi ini dibangun di sekitar infrastruktur lain.

Menurutnya biaya juga harusnya tidak menjadi kendala. Legislatif akan mendukung penuh selama BUMN mampu meyakinkan proyek tersebut benar-benar terintegrasi dengan baik. Bermafaat untuk kebaikan bersama dan kemajuan bangsa.

“Jika perlu dibentuk konsorsium untuk menangani proyek raksasa ini. DPR pasti akan memberikan dukungan selama itu sesuai dengan prinsip integrasi yang saling menguntungkan,” terangnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur dpr
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top