Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bukan Hanya ke Vietnam, Panasonic Ternyata Relokasi Pabrik ke Indonesia Juga!

Relokasi tersebut akan dilakukan pada Oktober 2020 dengan pemilihan lokasi di bogor, Jawa Barat. Pabrik Panasonic tersebut juga akan memproduksi kulkas.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 29 Juni 2020  |  18:35 WIB
/foto reuters
/foto reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak hanya Vietnam, Panasonic Corp. ternyata juga berencana memindahkan fasilitas produksi barang elektronik, kulkas dan mesin cuci, yang berbasis di Thailand ke Indonesia.

Stafsus Kepala BKPM Rizal Calvary Marimbo mengatakan relokasi tersebut akan dilakukan pada Oktober 2020 dengan pemilihan lokasi di bogor, Jawa Barat. Pabrik Panasonic tersebut juga akan memproduksi kulkas.

Selain pabrik Panasonic di Thailand, ada salah satu pabrik lain di Malaysia yang akan melakukan relokasi produksi ke Indonesia.

"Relokasi pabrik dari Thailand tidak hanya ke Vietnam tetapi juga ke Indonesia, saya baru jumpa dengan Panasonic Manufacture, mereka relokasi untuk kebutuhan Hongkong dan Jepang," katanya kepada Bisnis, Senin (29/6/2020).

Menurutnya, hal ini menunjukkan pasar Indonesia tidak kalah menarik dibandingkan Vietnam. Soal berapa nilai investasi, BKPM masih belum bisa memastikan nilainya.

"Kita mungkin dalam waktu dekat akan berkunjung dan akan liat proses pembangunan, dan menunjukkan bahwa kita makin kompetitif," katanya.

Adapun, Thailand merupakan negara pertama yang menjadi basis produksi Panasonic di kawasan Asia Pasific. Pabrikan Jepang tersebut mendirikan pabrik pertama di Thailand pada 1961.

Di Indonesia, sejarah Panasonic dimulai dengan hadirnya merek Radio Tjawang pada 1954, dan merek National pada 1970, dan sejak 2004 berubah menjadi Panasonic. Di Indonesia, Panasonic memproduksi berbagai macam produk elektronik, seperti televisi, lemari es, mesin cuci, audio, kipas angin, pompa air dan lain sebagainya.

Tahun lalu, PT Panasonic Manufacturing Indonesia memperluas kapasitas produksi produk pengatur suhu (air conditioner/AC), sebagai hasil dari relokasi pabrik Panasonic di Malaysia. Ekspansi ini diproyeksikan mampu menekan impor AC 10 juta unit dalam kurun waktu 20 tahun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bkpm relokasi panasonic
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top