Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sempat Molor dari Target, Ruas Tol Depok-Antasari Segera Beroperasi

Rencana pengoperasian seksi 2 tol Depok-Antasari sepanjang 6,30 kilometer beberapa kali mundur dari target yang sebelumnya ditetapkan.
Foto aerial pembangunan jalan tol Antasari-Depok, di Cilandak, Jakarta, Minggu (19/11)./JIBI-Nurul Hidayat
Foto aerial pembangunan jalan tol Antasari-Depok, di Cilandak, Jakarta, Minggu (19/11)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - PT Citra Waspphutowa selaku anak usaha dari PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. mengungkapkan seksi 2 ruas Brigif - Sawangan yang menjadi bagian dari jalan tol Depok-Antasari akan segera beroperasi.

"Jalan tol Depok-Antasari Seksi 2 (Brigif-Sawangan) lajur tol utamanya sudah selesai konstruksinya dan saat ini proses evaluasi laik fungsi," kata Widijanto, Pemimpin Proyek PT Citra Waspphutowa, kepada Bisnis, Senin (22/6/2020).

Ketika dikonfirmasi terkait kendala selama konstruksi, Widijanto menambahkan ketersediaan lahan atau tanah bebas yang dapat dikonstruksi menjadi tantangan dalam pembangunan Tol Depok-Antasari Seksi 2 (Brigif-Sawangan) ini.

"Utamanya atas objek sengketa para pihak. Solusinya adalah penitipan UGK [Uang Ganti Kerugian] di PN [Pengadilan Negeri] atau konsinyasi," ujarnya.

Dalam catatan Bisnis, rencana pengoperasian seksi 2 tol Depok - Antasari sepanjang 6,30 kilometer beberapa kali mundur dari target yang sebelumnya ditetapkan.

Awalnya, ruas tersebut ditargetkan beroperasi pada Juli 2019. Namun, karena mengalami berbagai hambatan akhirnya target pengoperasian mundur menjadi Februari 2020. Kemudian, kembali mundur hingga ke semester II/2020 ini.

Sebelumnya pengerjaan proyek ruas tol tersebut juga sempat mengalami kecelakaan konstruksi pada Oktober 2019. Hal itu juga diduga jadi salah satu penyebab molornya target pengoperasian.

Jalan tol Depok-Antasari memiliki total keseluruhan panjang 21,60 kilometer yang terbagi ke dalam 3 seksi yaitu seksi 1 Antasari – Brigif sepanjang 5,80 kilometer yang telah beroperasi pada September 2018.

Kemudian, seksi 2 Brigif – Sawangan sepanjang 6,30 kilometer, dan seksi III Sawangan-Bojong Gede sepanjang 9,50 kilometer.

Pengusahaan jalan tol Depok-Antasari dilaksanakan oleh PT Citra Waspphutowa yang merupakan anak usaha PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) dengan saham mayoritas dimiliki CMNP. Kemudian, PT Waskita Toll Road, dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk.

Berdasarkan data yang diterima Bisnis, Kementerian PUPR menargetkan lima ruas tol dapat diresmikan pada Juni-Juli 2020.

Ruas tol yang ditargetkan selesai konstruksi pada Juni 2020 yaitu ruas Depok-Antasari Seksi 2 (Brigif Infanteri-Sawangan), ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang), ruas Manado-Bitung Seksi 1 (Manado-Airmadidi) dan Seksi 2A (Segmen Airmadidi-Kauditan).

Kemudian, pada Juli 2020 yaitu ruas Cimanggis-Cibitung seksi 1A (Cimanggis-Jatikarya), dan Pekanbaru-Kandis-Dumai Seksi 1-6 (Pekanbaru-Dumai). Adapun setelah konstruksi ruas tol rampung, akan dilakukan uji laik fungsi sebelum ruas tol dapat dioperasikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agne Yasa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper