Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Covid-19 Lumpuhkan UMKM, Ini Pesan Sandiaga Uno untuk Pemerintahan Jokowi

Menurut Sandiaga, hal yang dibutuhkan untuk pemulihan ekonomi di dalam negeri tidak lain soal faktor likuiditas di masyarakat.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 19 Juni 2020  |  18:53 WIB
Pengusaha Sandiaga Uno memberikan pemaparan saat acara Edukasi Industri Jasa Keuangan bertema Mengenal dan Waspada Investasi Ilegal di Jakarta, Senin (9/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pengusaha Sandiaga Uno memberikan pemaparan saat acara Edukasi Industri Jasa Keuangan bertema Mengenal dan Waspada Investasi Ilegal di Jakarta, Senin (9/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga uno meminta seluruh jajaran pemerintahan Kabinet Indonesia Maju yang dipimpun Presiden Joko Widodo untuk fokus pada penyelamatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari krisis pandemi virus Corona (Covid-19).

Founder OK OCE tersebut optimistis jika fokus pemerintah pada periode April-Juni untuk membantu ekonomi keluarga dan di sektor UMKM, seluruh paket kebijakan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bisa terekseskusi.

"Mestinya akan terjadi suatu revitalisasi atau rebound ekonomi pada kuartal III dan IV tahun ini. Kita berharap kuartal I/2021 Indonesia bisa mencapai tingkat pertumbuhan sebelum terkena pandemi Covid-19," katanya dalam diskusi virtual, Jumat (19/6/2020).

Dia memaparkan selain konsumsi rumah tangga, sektor lain yang perlu diperbaiki adalah perdagangan agar dapat mendorong kinerja ekspor-impor. Menurutnya, UMKM sudah pernah teruji sebagai jaring pengaman ekonomi pemerintah pada periode krisis moneter 1997-1998 dan 2008

Oleh karena itu, hal yang dibutuhkan untuk pemulihan ekonomi di dalam negeri tidak lain soal faktor likuiditas di masyarakat.

"Sekarang para UMKM mengeluh, usaha-usaha besar juga mengeluh. Setelah penurunan omzet yang drastis selama tiga bulan terakhir, mereka membutuhkan fasilitas likuiditas," jelasnya.

Untuk itu, Sandiaga mulai mengadvokasikan kredit untuk pengusaha kecil, yaitu Kredit Pemulihan Ekonomi Rakyat (KAPERA). Menurutya, pemerintah dapat memberikan bantuan kredit sebesar Rp50 juta untuk masing-masing pengusaha mikro dan kecil yang bisnisnya terdampak Covid-19.

Dia mengungkapkan kredit tersebut diharapkan bisa membantu modal kerja dari para pengusaha UMKM untuk membuka usaha mereka pasca relaksasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Menurutnya, masyarakat tak hanya menunggu paket ekonomi atau program PEN, tetapi akselerasi dan eksekusi dari paket tersebut di lapangan.

"Banyak sekali masyarakat di kelas bawah belum merasakan realisasi dari paket-paket ekonomi. Pemerintah harus memikirkan hal ini," ucap Sandiaga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi umkm sandiaga uno
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top