Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Investasi Properti saat New Normal? Ini Kuncinya!

Sejumlah pengembang mengatakan bahwa di masa krisis akibat pandemi Covid-19 ini justru banyak peluang yang bisa diambil, salah satunya untuk berinvestasi properti.
Sejumlah gedung bertingkat di Jakarta, Senin (16/3/2020). Bisnis/Abdurachman
Sejumlah gedung bertingkat di Jakarta, Senin (16/3/2020). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah pengembang mengatakan bahwa di masa krisis akibat pandemi Covid-19 ini justru banyak peluang yang bisa diambil, salah satunya untuk berinvestasi properti.

Commercial and Business Development Director AKR Land Alvin Andronicus mengatakan bahwa di masa sulit seperti ini justru harus dimanfaatkan oleh investor atau pembeli properti. Pasalnya, sekarang banyak pengembang atau pemilik properti yang memberikan diskon tinggi dan berharap bisa dapat aliran pemasukan.

“Banyak pengembang atau pemilik properti yang butuh uang karena harus memenuhi biaya-biaya. Mereka butuh sekali dana masuk, jadi kalau cukup smart untuk negosiasi, bias dapat harga yang bagus untuk dapat return besar minimal lima tahun ke depan,” ungkap Alvin dalam webinar, Kamis (18/6/2020).

Alvin mengatakan bahwa saat ini pengembang masih bisa jual produk lantaran juga memberikan banyak promo dan diskon kepada konsumen, terutama bagi yang membayar tunai. Pengembang juga bisa menjadi jembatan untuk menyediakan pembiayaan yang mudah kepada konsumen.

“Misalnya sekarang bank terbatas dalam memberikan kredit, bank bisa mengambil kesempatan untuk memberikan bantuan, misalnya seperti program cicilan uang muka, dan sebagainya,” imbuh Alvin.

Ketua Umum Real Estate Broker Indonesia (AREBI) Lukas Bong juga menambahkan bahwa di kalangan investor banyak juga para spekulan yang siap beli properti dalam jumlah banyak untuk dijual kembali atau disewakan dan bisa menaikkan harga.

“Mereka ini pegang dolar [AS] dari harganya Rp10.000, sekarang sudah di Rp14.000-an, atau untuk 20-30 persen. Kalau mereka beli properti seken dengan potongan harga 20-30 persen juga, mereka bisa dapat potongan harga properti sampai 50 persen kalau bayar cash, ini harusnya menarik sekali,” kata Lukas.

Saat ini, pembeli punya posisi tawar yang kuat, apalagi kalau bisa bayar tunai, mereka akan dapat potongan harga lebih besar.

Lalu, untuk aset investasi yang tepat dan memiliki yield tinggi, Lukas mengatakan saat ini bisa memilih yang pangsa pasarnya besar.

“Misalnya kantor atau hotel sekarang banyak dijauhi, jadi jangan pilih itu. Pilih yang pasarnya selalu ada dan pangsanya besar, misalnya rumah murah. Kalau pilihannya tepat, di kondisi seperti ini ROI [return of investment]-nya bisa jadi malah lebih singkat,” tambahnya.

Kuncinya, investasi tergantung pada harga beli dan berapa margin yang bisa didapatkan. Di kondisi seperti ini, investor tetap harus cermat dan sabar.

Adapun, lantaran seara keseluruhan harga properti sedang terkoreksi, saat ini menjadi saat yang tepat untuk mulai investasi properti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper