Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pencarian Properti Sewa Naik 27 Persen, Jaksel Paling Dicari

Pencarian properti sewa pada Mei 2020 tercatat yang paling tinggi hingga tahun berjalan. Pencarian paling banyak dilakukan untuk rumah sewa sebesar 70 persen dan sisanya pencarian apartemen sewa.
Ilham Budhiman
Ilham Budhiman - Bisnis.com 17 Juni 2020  |  20:30 WIB
Kendaraan bermotor melintas di depan gedung apartemen di Jakarta, Jumat (29/5/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Kendaraan bermotor melintas di depan gedung apartemen di Jakarta, Jumat (29/5/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Situs jual beli properti Rumah.com mencatat adanya kenaikan lalu lintas data pencarian untuk properti sewa selama bulan Mei atau masa pandemi, yang didominasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan bahwa pencarian properti sewa tercatat mengalami kenaikan sebesar 27 persen pada bulan Mei atau dibandingkan bulan sebelumnya.

"Ini adalah yang tertinggi sepanjang 2020. Sementara itu, pencarian properti disewa di Jabodetabek paling banyak berasal dari kawasan Jakarta Selatan, yakni sebesar 21 persen dari total pencarian properti sewa," katanya pada Bisnis, Rabu (17/6/2020).

Marine mengatakan bahwa jumlah pencarian properti sewa di Jakarta Selatan tersebut naik sebesar 28 persen dibandingkan April. Akan tetapi, secara bulanan kenaikan pencarian properti disewa paling tinggi berasal dari Jakarta Utara, sebesar 40,9 persen.

"Jakarta Selatan masih menjadi favorit pencarian untuk wilayah Jabodetabek karena lokasinya yang dekat dengan pusat bisnis Jakarta serta memiliki sarana fasilitas umum yang lengkap," katanya.

Adapun dari jenis properti, kata dia, rata-rata pencarian masih didominasi oleh segmen rumah yang sebesar 70 persen, sedangkan sisanya adalah apartemen. Hanya saja, dia tidak menyebut secara spesifik rata-rata umur yang mencari properti sewa.

Di sisi lain, dia menyatakan bahwa peningkatan pencarian properti disewa tersebut masih berbanding lurus dengan pencarian properti dijual. Artinya, kata dia, saat ini makin banyak orang yang memanfaatkan portal properti untuk mencari huniannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

properti
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top