Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Agar Terbebas Resesi, PDB Kuartal III/2020 Minimal 0 Persen

Kementerian Keuangan berharap PDB Indonesia pada kuartal III/2020 tidak berlanjut negatif agar pemulihan ekonomi lebih cepat.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 16 Juni 2020  |  11:48 WIB
Agar Terbebas Resesi, PDB Kuartal III/2020 Minimal 0 Persen
Menteri Keuangan Sri Mulyani menjawab pertanyaan wartawan usai melakukan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan di Kantor DJP, Jakarta, Selasa (10/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani masih berharap ekonomi pada kuartal III /2020 akan kembali positif sehingga Indonesia selamat dari jurang resesi.

Sri Mulyani mengungkapkan defisini teknis resesi adalah ketika ekonomi suatu negara mengalami kontraksi selama dua bulan berturut-turut. Dia berharap ekonomi pada kuartal III/2020 tidak negatif.

"[Kuartal III] Kami berharap pulih mendekati nol," tegas Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita, Selasa (16/6/2020).

Seperti diketahui, Sri Mulyani memperkirakan ekonomi Indonesia akan mengalami kontraksi hingga -3,1 persen pada kuartal II/2020. Dia memaparkan kontraksi ini dipicu oleh penerapan PSBB di sejumlah kota di Indonesia pada kuartal II/2020.

Sri Mulyani menegaskan ini akan menjadi perjuangan berat. Oleh karena itu, pemerintah akan mendorong fiskalnya untuk menopang ekonomi.

Semua program yang telah dianggarkan akan direaliasikan dengan cepat sehingga dampaknya bisa maksimal. Jika dianggarkan, tetapi penerapannya kurang, maka dampaknya akan minimal.

Dengan strategi ini, Sri Mulyani berharap pemulihan ekonomi dalam dimulai pada Juni 2020. "Yang dalam itu di April dan Mei. Juni kemudian sudah ada pemulihan."

Jika tidak terjadi second wave, dia yakin ekonomi Indonesia akan cepat mengalami pemulihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani resesi
Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top