Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tahan Ekspansi di Masa Pandemi, Belanja Modal AP II Kembali Dipangkas

Pada awal 2020, Angkasa Pura menetapkan belanja modal senilai Rp7,8 triliun.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 14 Juni 2020  |  14:24 WIB
Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menunjukkan mesin check-in yang dilengkapi teknologi biometric facial recognition di Bandara Banyuwangi. - Istimewa
Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menunjukkan mesin check-in yang dilengkapi teknologi biometric facial recognition di Bandara Banyuwangi. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II mesti menekan biaya operasional dengan memangkas belanja modal (capital expenditure/capex) untuk mempertahankan 19 bandara kelolaannya tetap beroperasional.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menjelaskan pada awal 2020 pihaknya menetapkan capex senilai Rp7,8 triliun, tetapi seiring dengan pandemi, belanja modal dipangkas menjadi Rp1,4 triliun, dan kemudian diperketat lagi menjadi Rp1,1 triliun.

Capex tahun ini khusus digunakan untuk proyek yang bersifat multiyears, pemeliharaan fasilitas guna menjamin keamanan, keselamatan, pelayanan, serta perumusan desain Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Tahun ini bukan tahun ekspansi bagi Angkasa Pura II karena kami memperhitungkan segala sesuatunya di tengah pandemi ini," ujarnya, Minggu (14/6/2020).

Awaluddin menjelaskan perjalanan masyarakat dengan menggunakan pesawat berkurang signifikan selama pandemi global Covid-19. Kondisi ini berdampak berat bagi industri penerbangan.

Namun demikian, konektivitas udara di tetap perlu dijaga. Operator pelat merah tersebut saat ini tetap mengoperasikan 19 bandara untuk melayani penerbangan.

Awal menyebut langkah tersebut sudah ditempuh sejak Maret 2020 atau saat pandemi ditetapkan, supaya konektivitas udara Indonesia tetap terjaga.

“Fokus di dalam business survival itu adalah memperhitungkan pengeluaran dengan ketat melalui program cost leadership, lalu memangkas capex, serta memperketat cash flow management,” tekannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

belanja modal capex angkasa pura ii
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top