Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian PUPR Gelar Pelatihan Jarak Jauh Soal Teknologi Konstruksi

Kementerian PUPR menyelenggarakan webinar dan pelatihan online yang berkolaborasi bersama mitra-mitra strategis.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Bisnis/Abdullah Azzam
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menggelar pelatihan jarak jauh untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di bidang jasa konstruksi khususnya penerapan Building Information Modeling.

Building Information Modeling (BIM) atau teknologi konstruksi yang berbasis industri 4.0 merupakan sebuah metode baru untuk konstruksi infrastruktur yang mengintegrasikan model virtual beserta data atau informasi teknisnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pemanfaatan teknologi harus memberikan nilai tambah bagi pelaksanaan pembangunan infrastruktur, bukan sekedar ikut-ikutan atau mengikuti tren sesaat.

"Industri 4.0 hanya instrumen, justru dibelakangnya harus ada Sumber Daya Manusia yang andal,” kata Basuki, melalui siaran pers, Minggu (7/6/2020).

Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Trisasongko Widianto mengatakan Kementerian PUPR terus menyelenggarakan webinar dan pelatihan online BIM dengan berkolaborasi bersama mitra-mitra strategis, yakni sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dan konstruksi.

Hal tersebut, katanya, dilakukan untuk meningkatkan kemampuan SDM konstruksi dalam pemanfaatan teknologi BIM.

“Di era revolusi industri 4.0 ini, Direktorat Jenderal Bina konstruksi memandang perlunya SDM konstruksi nasional piawai dalam menggunakan teknologi, salah satunya adalah teknologi perancangan konstruksi menggunakan BIM untuk bangunan konstruksi tidak sederhana," jelasnya.

Penyelenggaraan webinar dan pelatihan online tersebut dilakukan penyesuaian selama masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan menjaga jarak fisik.

Kepala Balai Penerapan Teknologi Konstruksi (Balai PTK) Cakra Nagara mengatakan kolaborasi penyelenggaraan pelatihan secara daring ini dilakukan dengan berbagai pihak dan melibatkan hingga ribuan peserta.

Contohnya, kolaborasi webinar implementasi metode BIM di proyek konstruksi telah dilakukan bekerja sama dengan 5 Kontraktor BUMN yakni PT Brantas Abipraya (Persero), PT Adhi Karya (Persero) Tbk., PT PP (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., yang menyedot sekitar 8.000 pendaftar.

Kementerian PUPR mengungkapkan bagi para peminat yang ingin mendapatkan informasi mengenai jadwal kegiatan webinar dan pelatihan online BIM dapat diakses melalui media sosial resmi SIBIMA Konstruksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agne Yasa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper