Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI Akan Terapkan Pedoman New Normal terhadap Angkutan Barang

New normal KAI sebagai bentuk adaptasi pelayanan perkeretaapian dengan mengurangi kontak fisik dan menerapkan protokol kesehatan.
Pekerja membersihkan area Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (24/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pekerja membersihkan area Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (24/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia juga menerapkan pedoman new normal atau normal baru untuk angkutan barang selain angkutan penumpang.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan bahwa pedoman antuk angkutan barang tersebut di antaranya mengarah kepada menjaga jarak di loket pelayanan barang, selanjutnya penyediaan wastafel portabel dan hand sanitizer, serta menjaga kebersihan fasilitas angkutan barang.

“Kami akan meningkatkan kewaspadaan memeriksa barang-barang yang akan diangkut secara mendetail, serta mewaspadai setiap kiriman hewan dan atau kiriman lain yang berpotensi membahayakan kesehatan sebab layanan kami tak hanya angkutan penumpang, tetapi juga angkutan barang,” jelasnya, Jumat (29/5/2020).

New normal KAI ini sebagai bentuk adaptasi pelayanan perkeretaapian dengan mengurangi kontak fisik dan menerapkan protokol kesehatan.

Joni menerangkan bahwa pedoman normal baru mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan No. HK.01.07/Menkes/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Alhasil penerapan pedoman normal baru juga akan diterapkan secara internal kepada petugas di garis depan (frontliner) KAI dalam melayani pelanggannya. Personel tersebut memiliki risiko paling besar melakukan kontak jarak dekat dengan pelanggan sehingga harus dibekali dengan alat pelindung diri berupa masker, sarung tangan, dan pelindung wajah.

Petugas tersebut antara lain petugas loket, layanan pelanggan, petugas boarding, kondektur, polsuska, pramugari kereta, dan petugas kebersihan di atas kereta.

Di samping itu, KAI juga tetap membersihkan kereta dan fasilitas stasiun secara intensif menggunakan bahan pembersih yang mengandung disinfektan. Fasilitas higienitas berupa wastafel pertabel dan hand sanitizer juga disediakan di titik-titik yang mudah dijangkau oleh pelanggan.

“Kami mengimbau kepada para penumpang untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, melakukan cuci tangan, membawa hand sanitizer pribadi, menjaga kesehatan, melaksanakan pola hidup bersih dan sehat, serta tidak ragu melapor kepada petugas jika tiba-tiba merasa tidak sehat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper