Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Begini Nasib Empat Proyek Pelindo III saat Pandemi

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) memastikan investasi besar di empat proyeknya tetap berjalan di tengah pandemi virus corona ini.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 04 Mei 2020  |  13:38 WIB
Wisatawan berada di atas kapal di perairan Pelabuhan Benoa, Denpasar, Senin (18/9). - ANTARA/Nyoman Budhiana
Wisatawan berada di atas kapal di perairan Pelabuhan Benoa, Denpasar, Senin (18/9). - ANTARA/Nyoman Budhiana

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) memastikan investasi besar di empat proyeknya tetap berjalan di tengah pandemi virus corona ini.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung menjabarkan saat ini untuk proyek wisata maritim di Bali yaitu Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) masih dalam proses desain dan perizinan yang terus berjalan.

"Proyek ini ditargetkan dapat menyediakan fasilitas dan infrastruktur terintegrasi di Pelabuhan Benoa sehingga semakin memperkuat sektor pariwisata Bali secara keseluruhan," kata Doso, Senin (4/5/2020).

Pihaknya telah menggandeng sejumlah stakeholder untuk membangun Bali Maritime Tourism Hub. Dia menyebutkan diantaranya BUMN yang terlibat dalam pariwisata, logistik, energi, Kemenparekraf, BKPM, Kementerian Agraria dan Tata Ruang serta swasta untuk bersinergi bersama membentuk komunitas dan membangun Bali Maritime Tourism Hub.

Proyek lain yang tetap berjalan adalah Terminal Gilimas di pulau Lombok NTB adalah terminal untuk sandar kapal pesiar yang dibangun untuk mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang dipersiapkan sebagai kawasan pariwisata unggulan di Pulau Lombok NTB.

Hingga kini, lanjutnya, progres pembangunan fisik dermaga di kawasan sepanjang 440 meter, terminal penumpang dengan kapasitas hingga 1.500 orang, dan fasilitas pendukungnya telah selesai 100 persen. Dengan demikian, wisatawan tidak perlu lagi menggunakan sekoci untuk mencapai daratan seperti yang selama ini dilakukan di Pelabuhan Lembar. Hal tersebut tentu menambah keamanan dan kenyamanan penumpang.

Proyek berikutnya yang berjalan adalah pembangunan Terminal Multipurpose Labuan Bajo NTT sampai saat ini sedang dilakukan proses pelelangan, dan setelah ditentukan pemenang lelang akan langsung kebut pelaksanaan pembangunan. Doso menargetkan pembangunannya dapat diselesaikan pada tahun ini.

Sementara itu, proyek kerja sama dengan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) untuk  menyediakan LNG di provinsi Jawa Timur  di Terminal Teluk Lamong (TTL) telah mencapai progress sebesar 90 persen. Diharapkan fasilitas tersebut dapat beroperasi pada bulan Juni 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo iii
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top