Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cair! Insentif Kartu Prakerja Gelombang I Rp600.000 Ditransfer Jumat Ini

Total peserta yang akan menerima insentif pada gelombang I mencapai 168.111 orang.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 29 April 2020  |  12:55 WIB
Petugas mendampingi warga yang melakukan pendaftaran calon peserta Kartu Prakerja di LTSA-UPT P2TK di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4/2020). - ANTARA FOTO/Moch Asim
Petugas mendampingi warga yang melakukan pendaftaran calon peserta Kartu Prakerja di LTSA-UPT P2TK di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4/2020). - ANTARA FOTO/Moch Asim

Bisnis.com, JAKART - Direktur Ekesekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan peserta yang terdaftar pada gelombang I akan menerima insentif sebesar Rp600 ribu pada akhir pekan ini.

Menurutnya, total peserta yang dinyatakan lolos pada gelombang I mencapai 168.111 orang.

"Peserta gelombang pertama ini belum menyelesaikan satu siklus. Sesuai perjanjian kerja sama, pencairan insentif menunggu 7 hari kerja. Jumat ini [2/5/2020], mereka akan mulai menerima insentif pascapelatihan sebesar Rp600 ribu," katanya dalam diskusi virtual, Rabu (29/5/2020).

Meski demikian, dia menuturkan peserta yang telah menyelesaikan semua tahapan pelatihan harus segera mengurus dompet digital atau e-wallet. Nantinya, pemerintah akan mentransfer insentif ke e-wallet peserta yang telah diverifikasi.

Denny menambahkan sudah lebih dari 90 ribu peserta yang terdaftar di gelombang I telah menyelesaikan pelatihan. Setelah itu, peserta diwajibkan untuk mengisi dua formulir yang berisi masukan dan saran (feed back) yang ditujukan kepada lembaga penyedia jasa pelatihan dan konten pelatihan.

"Kami juga membuat survey berisi materi pelatihan yang telah dilaksanakan. Ini untuk melihat sejauh mana efektivitas Kartu Prakerja setiap 1 bulan dan 3 bulan. Kami berharap ekspektasi pas, jadi tidak terlalu over promised," ungkapnya.

Pada gelombang pertama, peserta yang dinyatakan lolos mencapai 168.111 orang dan gelombang kedua sebanyak 288.154 orang. Sementara itu, gelombang ketiga masih berproses.

Sejauh ini, pemerintah sudah mengirimkan insentif sebesar 3,55 juta kepada para peserta yang dinyatakan lolos di gelombang kedua. Pemerintah masih menetapkan anggaran sebesar Rp 20 triliun untuk program ini. Dari totall tersebut, kuota peserta yang disiapkan pemerintah sebanyak 5,6 juta orang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

insentif kartu prakerja
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top