Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Prospek Bisnis Properti Tetap Positif, Ini Langkah Cerdasnya

Prospek pasar properti Indonesia untuk jangka menengah dan panjang masih dalam kondisi baik meskipun sekarang goyah diterpa pandemi Covid-19.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 25 April 2020  |  17:16 WIB
Kemilau properti Jakarta./Antara - Indrianto Eko Suwarso
Kemilau properti Jakarta./Antara - Indrianto Eko Suwarso

Bisnis.com, JAKARTA – Bisnis properti tengah mendapat tekanan berat dari pandemi Covid-19, tetapi konsultan properti Colliers International Indonesia menyebut prospeknya untuk jangka menengah dan panjang tetap dalam kondisi baik.

Riset Colliers menyebutkan bahwa pasar properti Indonesia didukung oleh bonus demografi dan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) yang kuat secara historis.

“Investasi lahan bakal menjadi salah satu langkah cerdas di tengah pandemi ini,” ungkap Director Advisory Service Colliers International Indonesia Monica Koesnovagril melalui laporan tertulisnya, dikutip pada Sabtu (25/4/2020).

Oleh karena perlu waktu tahunan untuk dapat izin membangun, menurutnya, lahan yang dibeli sekarang bisa digunakan untuk membangun proyek baru beberapa tahun ke depan ketika siklus dan kondisi yang kemungkinan sudah berbeda

Sementara itu, untuk jangka panjang, rencana awal terkait penyewaan dan penjualan proyek terkini diperkirakan harus mengalami penyesuaian.

“Pengembang dan pemilik properti harus punya cadangan pasok yang cukup untuk menampung permintaan yang waktunya kemungkinan bisa lebih panjang,” ujar Monica.

Monica menyebutkan bahwa untuk jangka panjang masih ada kemungkinan bagi perekonomian dan pasar properti untuk kembali bangkit. Pada saat itu, para penyewa atau investor baru kemungkinan juga banyak datang dan sudah mempersiapkan rencana investasi jangka panjang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis properti Virus Corona
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top