Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Subsektor Properti yang Paling Cepat Pulih Selepas Corona Pergi

Sentimen virus corona jenis baru COVID-19 yang makin merebak menimbulkan efek negatif ke penyerapan pasar properi nasional lantaran sebagian besar masyarakat menahan pembelian.
Ilustrasi properti Jakarta./Antara/Indrianto Eko Suwarso
Ilustrasi properti Jakarta./Antara/Indrianto Eko Suwarso

Bisnis.com, JAKARTA – Sentimen virus corona jenis baru COVID-19 yang makin merebak menimbulkan efek negatif ke penyerapan pasar properi nasional lantaran sebagian besar masyarakat menahan pembelian.

Tommy Bastami, Managing Partner of Strategic Advisory pada konsultan properti Coldwell Banker Indonesia, mengatakan bahwa beberapa subskektor properti tidak mudah pulih dengan cepat selepas corona berlalu.

Menurut dia, subsektor properti yang akan tumbuh lebih dahulu pascameredanya COVID-19 adalah sektor yang potensi permintaannya berasal dari real demand atau individual investor mengingat sumber permintaan dari kedua itu akan lebih cepat pulih.

"Sektor properti dengan karakteristik sumber permintaan tersebut adalah perumahan," kata Tommy kepada Bisnis pada Senin (13/4/2020).

Dia menjelaskan pasar perumahan akan lebih prospektif lantaran sebagian besar pengembang juga kemungkinan akan meluncurkan proyek terbarunya.

Hal ini mengingat pada saat corona ini, rata-rata pengembang telah menahan diri untuk merilis produk karena kondisi yang tidak memungkinkan.

Dia juga memproyeksikan lokasi yang menjadi sunrise properti selepas corona mereda. "Area-area yang lebih aktif dalam hal transaksi properti adalah yang pasokan dan pertumbuhan pasar perumahan yang lebih besar, seperti di wilayah penyangga kota-kota besar," tuturnya.

Sementara untuk subsektor lain, Tommy menilai bahwa properti komersial seperti perkantoran dan industrial kemungkinan tidak akan cepat masa pemulihannya.

Hal ini mengingat iklim usaha dari sumber permintaan pada sektor tersebut memerlukan waktu pemulihan yang juga lebih lama. Namun, dia berharap semua subsektor properti pulih dengan cepat.

Lagi pula, kata Tommy, industri properti mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan dari kelesuan dan bergerak ke arah yang positif dalam 2 tahun terakhir ini meskipun belum sepenuhnya normal.

Secara terpisah, CEO Indonesia Property Watch Ali Tranghanda juga menilai subsektor perumahan akan kembali menggeliat usai isu corona mereda. Saat ini, hampir semua bisa dikatakan pukul rata bahwa sebsektor properti tengah tiarap.

"Harusnya semua tipe landed dan apartemen akan kembali bagus setelah Covid-19, memang tetap landed jadi primadona," kata Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper