Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Diminta Batasi Penumpang saat PSBB, Ini Respons Blue Bird

Blue Bird sudah membuat protokol bahwa pengangkutan penumpang mesti 50 persen dari kapasitasnya.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 08 April 2020  |  20:01 WIB
Pengemudi mengisi daya taksi listrik Bluebird di sela-sela peluncurannya di Jakarta, Senin (22/4/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan
Pengemudi mengisi daya taksi listrik Bluebird di sela-sela peluncurannya di Jakarta, Senin (22/4/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Blue Bird Tbk. (BIRD) siap mengikuti aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah yang sudah diizinkan melakukan pembatasan tersebut, yakni DKI Jakarta. Taksi milik BIRD pun sudah membatasi kapasitas penumpang hanya 50 persen.

Direktur Blue Bird Adrianto Djokosoetono menuturkan pihaknya mematuhi aturan yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait PSBB di tengah pandemi virus corona ini.

"Kami sosialisasikan dan patuhi aturannya. Saat ini, sebagian armada juga menggunakan kendaraan MPV seperti Avanza untuk layanan Blue bird dan Alphard untuk layanan Silver bird, kedua jenis layanan ini berkapasitas 7 penumpang dan saat ini maksimal menjadi 3 penumpang tambah 1 pengemudi," jelas kepada Bisnis.com, Rabu (8/4/2020).

Dia menyebut dengan adanya pembatasan sosial ini, Blue Bird sudah membuat protokol bahwa pengangkutan penumpang mesti 50 persen dari kapasitasnya. Armada taksi yang digunakan BIRD terdapat dua jenis kapasitas, yakni armada berkapasitas 4 orang dan 7 orang.

Khusus armada yang berkapasitas 4 orang seperti mobil sedan, lanjutnya, saat ini hanya boleh mengangkut maksimal 2 orang penumpang, sementara armada berkapasitas 7 orang hanya boleh mengangkut 3 orang.

Di sisi lain, dia mengakui dampak penurunan penumpang dengan PSBB ini tentunya menjadi hal yang tidak bisa dihindari, bahkan penurunan terjadi sejak pandemi corona diumumkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Namun, mengacu pada sosialisasi dan aturan yang diberlakukan, tentunya kami tetap melayani kebutuhan mobilitas orang dengan melengkapi apd seperti masker dan hand sanitizer di dalam kendaraan selain dilakukan pembersihan kendaraan secara khusus dengan disinfectant," ujarnya.

Menurutnya, aktivitas pembersihan kendaraan ini dapat dilakukan intensif karena semua armada BIRD setiap saat dapat ke pool terdekat untuk melakukan disinfeksasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Blue Bird
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top