Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Penyebab Penyerapan Perumahan di Pasar Primer Tak Maksimal

Penundaan peluncuran proyek diduga terjadi lantaran mulai merebaknya virus corona jenis baru di Indonesia.
Ilham Budhiman
Ilham Budhiman - Bisnis.com 08 April 2020  |  19:16 WIB
Pekerja menyelesaikan pembangunan perumahan di Jonggo, Jawa Barat, Selasa (11/02 - 2020).
Pekerja menyelesaikan pembangunan perumahan di Jonggo, Jawa Barat, Selasa (11/02 - 2020).

Bisnis.com, JAKARTA — Konsultan properti Coldwell Banker Indonesia menyatakan bahwa penyerapan properti residensial di pasar primer tak berjalan secara maksimal pada kuartal pertama 2020 lantaran sejumlah hal.

Managing Partner of Strategic Advisory Coldwell Banker Tommy Bastami mengatakan bahwa salah satu penyebab tak terserapnya pasar primer lantaran adanya penundaan peluncuran sejumlah proyek dari para pengembang.

"Setelah pertengahan Maret, memang ada koreksi dari sisi penyerapan sejalan dengan tertundanya launching beberapa proyek baru di pasar sehingga mengurangi penyerapan," tuturnya, Rabu (8/4/2020).

Penundaan peluncuran proyek diduga terjadi lantaran mulai merebaknya virus corona jenis baru atau Covid-19 di Indonesia yang turut memukul sektor properti. Kasus pertama Covid-19 di Tanah Air diumumkan pada awal Maret.

Tommy menjelaskan bahwa secara umum tingkat penyerapan perumahan di pasar primer selama kuartal pertama 2020 masih terbilang cukup baik sampai pertengahan Maret. 

Hal tersebut terindikasi dengan penyerapan pada proyek-proyek yang diluncurkan antara periode Januari dan pertengahan Maret. Setelah itu, mulai memperlihatkan perlambatan.

"Untuk proyek-proyek yang diluncurkan sebelumnya juga menunjukkan penyerapan walau tidak setinggi proyek yang baru launching," ujarnya.

Dengan demikian, dia menjelaskan bahwa  secara keseluruhan kinerja pasar perumahan primer periode Januari—Maret masih mengalami pertumbuhan bila dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perumahan
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top