Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Fenomena Mudik, Lalu Lintas di Tol Trans Sumatra Masih Lengang

Sekitar ribuan warga di sekitar Jabodetabek dilaporkan telah mudik ke kampung halaman, tetapi Hutama Karya menyatakan bahwa lalu lintas harian rata-rata (LHR) di Jalan Tol Trans Sumatera masih menurun.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 30 Maret 2020  |  18:26 WIB
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar di Desa Jati Agung, Lampung Selatan, Lampung, Minggu (26/5/2019). - ANTARA/Ardiansyah
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar di Desa Jati Agung, Lampung Selatan, Lampung, Minggu (26/5/2019). - ANTARA/Ardiansyah

Bisnis.com, JAKARTA - Lalu lintas harian rata-rata di Jalan Tol Trans Sumatra masih terpantau normal meski dilaporan sudah ada sekitar ribuan masyarakat yang mudik lebih awal di tengah pandemi virus Corona.

Corporate Secretary PT Hutama Karya (Persero) Muhammad Fauzan mengatakan bahwa per hari ini, Senin (30/3/2020) kondisi lalu lintas harian rata-rata (LHR) di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) masih menurun akibat peneraban kebijakan social distancing guna mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

"Belum terlihat peningkatan [LHR] akibat rencana pelarangan mudik yang akan diterapkan oleh pemerintah yang membuat masyarakat mudik lebih awal," katanya kepada Bisnis, Senin (30/3/2020).

Di tengah pandemi Covid-19, dia mengungkapkan bahwa volume kendaraan yang melewati JTTS masih mengalami penurunan yang cukup signifikan yakni antara 25 persen hingga 30 persen di setiap ruas tolnya.

Diketahui, Hutama Karya melakukan penghentian aktivitas di sekitar rest area ruas tol Simpang Pematang - Kayuagung. Hal itu dilakukan berkaitan dengan antisipasi penyebaran Covid-19.

Selain itu, manajemen telah menerapkan contingency plan yang berisikan sejumlah peraturan yang harus ditaati oleh karyawan Hutama Karya baik di kantor pusat maupun di seluruh proyek pembangunan JTTS dan proyek lainnya, sesuai dengan Kebijakan Direksi tentang pelaksanaan kerja atau dinas kantor.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol hutama karya Mudik Lebaran Virus Corona
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top