Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sopir Bus Positif Corona, Terminal Harus Ada Bilik Disinfeksi

Semua terminal tipe A harus dilengkapi fasilitas alat pelindung diri (APD) serta prasarana pelengkap, diantaranya, bilik disinfeksi, hand sanitizer, dan tempat cuci tangan.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 26 Maret 2020  |  15:52 WIB
Foto aerial Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Rabu (2/1/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat
Foto aerial Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Rabu (2/1/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah ditemukannya seorang pasien positif virus corona (Covid-19) seorang sopir bus jurusan Wonogiri-Bogor di RSUD Wonogiri, para petugas terminal tipe A harus segera diperiksa.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno mengatakan sebenarnya masyarakat yang pernah berkontak dengan sopir tersebut otomatis menjadi orang dalam pantauan (ODP).

"Pegawai Terminal tipe A yang melakukan kegiatan rampcheck rawan terkena sebaran virus corona. Petugas tersebut harus dibekali cara sehat dan higienis melakukan rampheck dan dilengkapi fasilitas perlindungan diri," jelasnya, Kamis (26/3/2020).

Dia menuturkan semua terminal tipe A harus dilengkapi fasilitas alat pelindung diri (APD) serta prasarana pelengkap, diantaranya, bilik disinfeksi, hand sanitizer, dan tempat cuci tangan.

Pemeriksaan kesehatan secara rutin terhadap petugas rampcheck pun harus dilakukan hal ini guna memutus rantai penyebaran Covid-19 yang sudah merambah ke berbagai daerah.

Satu pasien positif corona yang saat ini dirawat di RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri diketahui merupakan sopir bus jurusan Wonogiri-Bogor.

Belum diketahui bagaimana pria asal Kelurahan Mlokomanis Kulon, Ngadirojo, itu bisa tertular virus corona. Pasien tersebut ditanyakan positif pada Rabu (25/3/2020) dan saat ini sudah menjalani isolasi di RSUD Wonogiri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub mti
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top