Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Warga Mudik Lebih Awal, Begini Kondisi Lalu Lintas di Tol Trans Jawa

Organisasi Angkutan Darat (Organda) mencatat adanya pergerakan masyarakat yang melakukan mudik lebih awal meski sudah ada imbauan dari pemerintah agar tidak mudik. Mengenai hal tersebut, Jasa Marga telah melakukan pantauan lalu lintas di tol Trans Jawa.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 26 Maret 2020  |  17:44 WIB
Pemudik melintas di jalur Tol Trans Jawa, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019). - ANTARA/Harviyan Perdana Putra
Pemudik melintas di jalur Tol Trans Jawa, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019). - ANTARA/Harviyan Perdana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi Angkutan Darat atau Organda mencatat adanya pergerakan masyarakat untuk mudik yang lebih tinggi dari Jakarta ke Jawa Tengah dan sekitarnya juga ke Jawa Timur sejak Februari 2020.

Namun, PT Jasamarga Transjawa Tol, salah satu pengelola jaringan tol Trans Jawa, memastikan bahwa belum ada peningkatan lalu lintas di ruas tol yang dikelolanya.

"Sampai dengan saat ini, relatif tidak ada peningkatan [lalu lintas]," kata Direktur Utama Jasamarga Transjawa tol Bagus Cahya A.B. kepada Bisnis, Kamis (26/3/2020).

Terkait imbauan Kementerian Perhubungan kepada masyarakat untuk tidak melaksanakan mudik Lebaran, Jasa Marga sebelumnya memastikan akan mendukung program atau arahan pemerintah karena bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

Selain itu, operator jalan tol berpelat merah ini juga telah melakukan sejumlah upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menjaga lingkungan kerja karyawan, rest area, dan gardu tol dengan cara penyemprotan disinfektan secara berkala.

Tidak hanya itu, pengecekan suhu bagi para karyawan dan penyediaan hand sanitizer juga telah dilakukan yakni disejumlah titik di rest area.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) Krist Ade Sudiyono mengatakan bahwa upaya-upaya pemerintah terkait pencegahan berkembangnya Covid-19, termasuk soal imbauan larangan mudik harus didukung bersama karena menyangkut aspek kesehatan dan keselamatan masyarakat pada umumnya.

"Prioritas kita saat ini adalah melayani masyarakat, dengan menyiapkan dan menjalankan protokol pencegahan Covid-19, terutama yang menyangkut keselamatan seluruh karyawan, mitra kerja, dan pengguna jalan," ujar Krist.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol jasa marga tol trans jawa Mudik Lebaran
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top