Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mudik Lebaran: Ketua MPR Minta Pemerintah Susun Rencana Alternatif

Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah untuk dapat menyusun rencana alternatif bagi masyarakat yang akan menghadapi musim mudik lebaran
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 20 Maret 2020  |  19:03 WIB
Ilustrasi-Pemudik melintas di jalur Tol Trans Jawa, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019). - ANTARA/Harviyan Perdana Putra
Ilustrasi-Pemudik melintas di jalur Tol Trans Jawa, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019). - ANTARA/Harviyan Perdana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah untuk dapat menyusun rencana alternatif bagi masyarakat yang akan menghadapi musim mudik lebaran. Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah diperkirakan berlangsung pada 24 dan 25 Mei 2020.

Menurut politikus yang dikenal dengan sapaan Bamsoet ini, penyusunan rencana tersebut meliputi antara lain pengaturan jadwal keberangkatan dan penambahan moda angkutan lebaran.

“Agar tidak terjadi penumpukan orang dan kondisi berdesak-desakan, mengingat masa darurat bencana Corona statusnya telah diperpanjang dari 29 Februari hingga 29 Mei 2020,” kata Bamsoet, Jumat, (20/3/2020).

Bamsoet mengatakan jika masyarakat ngotot melakukan perjalanan mudik, pemerintah perlu segera mempersiapkan tenaga medis dan paramedis. Petugas kesehatan itu perlu disiapkan di setiap area yang menjadi jalur mudik.

Selain itu, politikus Golkar ini meminta Kementerian Perhubungan mengkaji berbagai opsi mudik Lebaran 2020 di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Opsi terbaik, yang nantinya akan diterapkan pemerintah, perlu disosialisasikan kepada warga. “Sehingga seluruh elemen masyarakat dapat memahami dan memiliki kesamaan persepsi terkait hal tersebut,” kata Bamsoet.

Ia menambahkan, di tengah keprihatinan atas situasi dan kondisi yang sedang dihadapi semua pihak wajib bekerja bersama dan bahu-membahu melawan penyebaran virus Corona.

“Masyarakat seharusnya mendukung kebijakan dan upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dalam kerangka meminimalisir dan menekan persebaran virus ini di Tanah Air,” kata Bamsoet.

Bamsoet juga mengingatkan peran media massa dalam mengedukasi masyarakat sehingga tidak terjebak dalam hoaks dan kepanikan.

Begitu juga dengan sikap menghalalkan segaa cara dalam situasi seperti saat ini.“Ingat, kita memang perlu mengantisipasi, namun bukan berarti dengan menghalalkan segala cara. Apalagi sampai menimbun dan berperan sebagai tengkulak masker yang membuat susah rakyat. Tindakan tersebut tak mencerminkan sikap Pancasila,” ujar Bamsoet.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mudik Lebaran Virus Corona
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top