Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kapasitas PLTP Kamojang Meningkat Jadi 375 Megawatt 

Pembangkit listrik ini berkapasitas 375 MW yang terbagi atas 3 sub unit.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 14 Maret 2020  |  19:56 WIB
Kapasitas pembangkit listrik tenaga panas bumi Kamojang meningkat menjadi 375 mw seiring dengan pengoperasian 7 unit pembangkit. - Bisnis / M. Ridwan
Kapasitas pembangkit listrik tenaga panas bumi Kamojang meningkat menjadi 375 mw seiring dengan pengoperasian 7 unit pembangkit. - Bisnis / M. Ridwan

Bisnis.com, BANDUNG – Kapasitas pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Kamojang meningkat menjadi 375 mw seiring dengan pengoperasian 7 unit pembangkit.

Direktur Operasi I Indonesia Power, M. Hanafi Nur Rifai menjelaskan, PLTP Kamojang pertama kali dioperasikan pada 1982 dengan 1 Unit Pembangkit.

"PLTP Kamojang terus ditingkatkan menjadi 7 Unit Pembangkit dengan total kapasitas terpasang 375 MW," ujarnya saat kunjungan media ke PLTP Kamojang, Jawa Barat, Sabtu (14/3/2020).

Pembangkit listrik ini berkapasitas 375 MW yang terbagi atas 3 sub unit yaitu, PLTP Kamojang terpasang dengan 3 unit pembangkit dengan kapasitas sebesar 140 MW, PLTP Darajat yang berada di Kabupaten Garut dengan 1 unit sebesar 55 MW dan PLTP Gunung Salak yang berada di Kabupaten Bogor sebesar 180 MW dengan 3 unit pembangkit. 

Saat ini Indonesia Power memiliki Unit Pembangkit EBT yang berada di Kabupaten Bandung, yaitu yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang Power Generation O&M Services Unit (POMU).

Selain ketiga sub unit tersebut, Indonesia Power Kamojang POMU mengelola PLTP Ulumbu yang terletak di Nusa Tenggara Timur sebesar 10 MW. 

"Total daya terpasang saat ini 16.376,6 MW dan untuk kapasitas pembangkit EBT saat ini mencapai 9,4 persen dari total daya terpasang yaitu sebesar 1.541,6 MW dan tentunya akan terus dikembangkan," ungkapnya.

Sementara itu, dalam kunjungan ke PLTP Kamojang, Indonesia Power turut memaparkan program CSR (corporate social responsibility).

Head of Corporate Communication PT Indonesia Power, Rahmi Sukma program CSR yang telah dijalankan di antaranya adalah budidaya tanaman kopi pelag yang ditanam di kaki Gunung Papandayan oleh mitra binaan.

Selain itu Kamojang POMU melakukan pemberdayaan pada nelayan ikan di Situ Bagendit yang merupakan area obyek wisata di wilayah Garut untuk membudidayakan ikan nila dan juga mengolahnya menjadi produk camilan. 

"Kamojang POMU juga melakukan program penanaman 1000 (seribu) pohon dalam periode hingga 2021 untuk mengurangi emisi CO2," tuturnya

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

energi terbarukan ebt indonesia power PLTP Kamojang
Editor : David Eka Issetiabudi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top