Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Susun Standar Pencegahan Corona Sektor Darat

Rencananya, akan diadakan rapat koordinasi dengan seluruh operator transportasi darat agar ada fasilitas pencegahan virus yang diberikan kepada penumpang.
Gedung Kementerian Perhubungan./Istimewa
Gedung Kementerian Perhubungan./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan segera merilis prosedur standar dalam mitigasi pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) di sektor transportasi darat.

Staf Khusus Bidang Komunikasi Menteri Perhubungan Adita Irawati mengatakan standar penanganan dan pengawasan di bandara dan pelabuhan sudah cukup rigid dibandingkan dengan sektor darat. Rencananya, akan diadakan rapat koordinasi dengan seluruh operator transportasi darat agar ada fasilitas pencegahan yang diberikan kepada penumpang.

“Nanti kami akan sampaikan secara lengkap untuk setiap subsektor seperti apa. Rencananya besok akan dilakukan rakor sekaligus nanti semua operator akan diberikan imbauan,” jelasnya, Senin (2/3/2020).

Menurutnya, dalam rakor tersebut juga diputuskan terkait dengan adanya pembatasan sementara pergerakan penumpang.

Lebih jauh, imbuhnya, langkah antisipasi juga memungkinkan untuk menambah fasilitas pendeteksi suhu tubuh. Namun, langkah tersebut perlu dipikirkan lebih jauh karena cakupan transportasi darat sangat luas.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker saat beraktivitas, terutama saat menggunakan angkutan umum transportasi darat.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setyadi mengaku baru memperoleh informasi adanya WNI yang terjangkit virus Corona. Upaya pencegahan perlu dilakukan, khususnya bagi masyarakat yang mengakses angkutan darat, Transjakarta, bus dan sebagainya, agar virus tidak meluas.

“Jadi kami mengimbau masyarakat sekarang di tempat-tempat umum terutama transportasi umum kita gunakan masker saja,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper