Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cukai Plastik Akselerasi Inflasi

Kebijakan pengenaan cukai plastik oleh pemerintah dinilai akan berujung pada laju inflasi akibat biaya yang dibebankan pada masyarakat naik.
Ipak Ayu H Nurcaya
Ipak Ayu H Nurcaya - Bisnis.com 20 Februari 2020  |  21:40 WIB
Ilustrasi-Pramuniaga memasukkan barang yang telah dibeli konsumen ke dalam kantong plastik di salah satu mini market di kawasan Jakarta Timur, Jumat (1/3/2019). - ANTARA/Dhemas Reviyanto
Ilustrasi-Pramuniaga memasukkan barang yang telah dibeli konsumen ke dalam kantong plastik di salah satu mini market di kawasan Jakarta Timur, Jumat (1/3/2019). - ANTARA/Dhemas Reviyanto

Bisnis.com, JAKARTA - Kebijakan pengenaan cukai plastik oleh pemerintah dinilai akan berujung pada laju inflasi akibat biaya yang dibebankan pada masyarakat naik.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menilai niat baik pemerintah memang ingin mengurangi konsumsi dan sampah plastik sehingga lebih baik untuk lingkungan.

Namun, jika hanya pada konteks untuk mengurangi konsumsi plastik menurutnya langkah pemerintah tersebut tidak akan efektif. Pasalnya, dalam persoalan lingkungan harus ada langkah masif dan strategis.

"Seperti biasa kebijakan pemerintah bersifat parsial sehingga tidak cukup efektif. Kebijakan ini saya yakin Hanya akan meningkatkan biaya plastik yang kemudian dibebankan ke masyarakat," katanya kepada Bisnis, Kamis (20/2/2020).

Piter sepakat dengan beban tinggi pada konsumsi maka inflasi akan meningkat dan kembali menggerus daya beli.

Sementara itu, Ekonom PT Bank Maybank Indonesia Tbk. Myrdal Gunarto mengatakan cukai plastik harus diterapkan untuk kepentingan amunisi fiskal yang ujungnya optimisasi peningkatan pendapatan negara.

Apalagi tren ekonomi saat ini tengah melambat. Mau tidak mau pemerintah harus melakukan ekstensifikasi pendapatan negara. Untuk itu, konsekuensinya memang industri plastik yang akan terkena dampaknya.

"Namun, sektor ini tidak memiliki porsi yang tidak besar dalam perekonomian. Hal yang patut dilihat tentunya adalah kenaikan laju inflasi akibat kebijakan ini yg tampaknya masih terbatas seperti dampak cukai rokok yang naik," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

plastik
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top